14 Rajab 1444  |  Minggu 05 Februari 2023

basmalah.png

Surat Al-Hujurat Ayat 12: Jauhi Curiga, Cari Keburukan Orang dan Menggunjing

Surat Al-Hujurat Ayat 12: Jauhi Curiga, Cari Keburukan Orang dan Menggunjing

Fiqhislam.com - Meskipun lisan manusia tidak memiliki tulang, tetapi lisan tersebut mampu untuk menghancurkan hati seseorang. Ucapan lisan seseorang dapat menjerumuskannya pada api neraka.

Selain itu, berburuk sangka atau suuzan hukumnya haram dalam Islam. Karena hal ini akan merusak keharmonisan rumah tangga, keluarga, maupun keharmonisan kehidupan masyarakat. Allah SWT menyerukan kepada orang-orang yang beriman agar menjauhi prasangka, karena itu termasuk dosa dan kesombongan.

Dilansir dalam buku Bahaya Lisan oleh Abdullah Gymnastiar, di balik sifat kelenturan lidah, tersimpan kedahsyatan yang bisa mengantarkan manusia ke pintu kebahagiaan sekaligus dapat menjerumuskannya ke dalam kehinaan hidup di dunia dan akhirat.

Abdullah ibn Mas'ud mengungkapkan, "Wahai lisan, ucapkanlah yang baik-baik, niscaya kamu akan beruntung! Diamlah dari mengucapkan yang buruk-buruk, niscaya kamu akan selamat sebelum menyesal!."

Allah SWT mengingatkan manusia agar tidak saling curiga dan menggunjing dalam surah Al-Hujurat ayat 12 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hujurat: 12)

Melansir pada buku Asbabun Nuzul oleh Ach. Fawaid, dalam surah Al-Hujurat ayat 12 dijelaskan bahwa menggunjing satu sama lain sama halnya dengan memakan daging bangkai dari saudaranya sendiri. Membicarakan seseorang merupakan perbuatan tercela dan tidak terpuji.

Meskipun yang dibicarakan berkaitan dengan kebenaran yang benar adanya, maka lisan kita telah melakukan kebathilan dengan perbuatan ghibah. Kemudian, apabila yang dikatakan tersebut tidak benar, maka lisan kita telah melakukan kebathilan dengan memfitnah.

Pesan Moral Surah Al-Hujurat ayat 12

Allah SWT memberikan ibarat ghibah seperti seseorang yang memakan daging saudaranya yang sudah meninggal. Hal tersebut itu lah Allah SWT melarang hamba-Nya untuk tidak mencari-cari keburukan orang lain.

Melansir pada buku Tafsir Ayat-ayat Perumpamaan Masalah Aqidah dan Akhlaq dalam Al-Quran oleh Dr. Syukir, M. pd., terdapat tiga larangan yang tertulis pada surah Al-Hujurat ayat 12 tersebut yakni:

1. Orang yang beriman dilarang berburuk sangka kepada sesama manusia, sebab berburuk sangka merupakan perbuatan dosa.
2. Orang beriman dilarang mencari-cari kejelekan orang lain.
3. Orang beriman dilarang untuk menggunjing orang lain.

Demikian penjelasan larangan berburuk sangka dan menggunjing dalam surah Al-hujurat ayat 12. [yy/detik]