12 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 06 Desember 2022

basmalah.png

Mengapa 3 Kata pada Surah Fussilat Ini Dorong Ketaatan Muslim?

Mengapa 3 Kata pada Surah Fussilat Ini Dorong Ketaatan Muslim?

Fiqhislam.com - Alquran menyebutkan tiga kata untuk mendorong manusia agar meningkatkan ketakwaan.

Anggota Dewan Tertinggi Urusan Islam Mesir, Syekh Khalid Al Jundi, mengatakan kata tersebut adalah "laa Takhofu, wa laatahzanu, wa abshiru (janganlah kamu takut dan bersedih)." Tiga kata ini terdapat di surah Fussilat ayat 30:

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan, "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih dan gembirakanlah mereka dengan jannah (surga) yang telah dijanjikan Allah kepadamu."

Syekh Khalid mengatakan, wahai para pencari keutamaan ketaatan kepada Tuan-mu, sudah waktunya hamba kembali kepada Tuannya, maka tidak ada takut, kesedihan, dan itulah berita gembira dengan surga.

Dalam Tafsir Al Madinah Al Munawwarah / Markaz Ta'dzhim dunia dan akhirat Orang-orang yang berkata dengan jujur, “Tuhan kami hanyalah Allah, tiada sekutu bagi-Nya”, kemudian mereka senantiasa menjalankan kewajiban; maka malaikat akan turun kepada mereka saat ajal tiba dan saat di alam kubur untuk menyampaikan kabar gembira:

“Janganlah kalian takut dari apa yang akan kalian hadapi, janganlah kalian bersedih atas apa yang telah berlalu. Bergembiralah dengan surga yang telah Allah janjikan kepada kalian melalui lisan para rasul. Kami adalah para penolong kalian di dunia, dan kami bersama kalian di akhirat.

Dalam surga kalian akan mendapatkan segala kenikmatan yang kekal yang kalian inginkan dan kedudukan yang kalian minta; sebagai kemuliaan dan sambutan dari Tuhan yang Mahamengampuni dosa-dosa dan Mahamengasihi kalian.”

Dia menambahkan dengan menukilkan sebuah riwayat, bahwa seseorang mendatangi Hasan Al Bashri, menanyakan nikmat surga. Seseorang pun pergi ke toko sufi terkemuka itu dan menanyakan, “Gambarkan surga.”

Lalu dia menyebutkan sabda Rasulullah bahwa orang-orang yang teguh kepada Allah SWT mereka akan mengetahui pemberiaannya. Meski terkadang sebagian orang mengukumi tingkah lakunya yang melebihi pedoman keseimbangan. [yy/republika]