4 Jumadil-Awal 1443  |  Rabu 08 Desember 2021

basmalah.png

Sains Dalam Al-Quran, Ini Berbagai Keunggulan Perak

Sains Dalam Al-Quran, Ini Berbagai Keunggulan PerakFiqhislam.com - Allah menyebutkan perak dalam firman-Nya di Alquran. Ini menunjukkan pentingnya perak bagi kehidupan manusia. Namun sesungguhnya riset-riset ilmiah mutakhir berhasil menyingkap bahwa perak memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan logam-logam lainnya.

Bahkan dibandingkan dengan emas sekali pun, seperti yang disebutkan dalam ayat itu. Hal inilah yang menjadi tanda kemukjizatan Alquran yang terbesar.

Allah berfirman: "Sekiranya bukan karena manusia akan menjadi umat yang satu (dalam kekafiran), tentulah Kami buatkan bagi orang-orang yang kafir kepada Tuhan Yang Maha Pemurah itu atap-atap perak bagi rumah mereka dan (juga) tangga-tangga (perak) yang akan mereka naiki. (Kami buatkan pula) pintu-pintu (perak) bagi rumah-rumah mereka dan (begitu pula) dipan-dipan yang mereka sandari. (Kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan (dari emas untuk mereka) dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia dan kehidupan akhirat itu di sisi Tuhanmu milik orang-orang yang bertakwa." (Az-Zuhkruf: 33-35).



Jika diperhatikan, ayat itu berkutat tentang perak dan tidak menyebut emas, meskipun emas lebih mahal dan lebih bernilai di mata manusia.

Berbagai kelebihan perak antara lain:

1. Sejumlah riset ilmiah menegaskan bahwa perak dapat membasmi bakteri yang terdapat dalam air karena perak dapat memancarkan radiasi. Inilah satu-satunya kelebihan yang perak miliki, dan itu digunakan oleh para ahli untuk mensterilkan air dari bakteri dan kuman dengan cara menaruh sekeping kecil perak di dalam air. Contohnya, jika kita akan mensterilkan satu liter air, maka kita hanya membutuhkan perak seukuran 1/1000 (seperseribu) mikrogram.

2. Sesungguhnya perak memiliki kapasitas yang terbaik untuk memantulkan cahaya. Oleh sebab itu, ia digunakan sebagai bahan pembuat cermin karena dapat memantulkan cahaya secara maksimal.

3. Sesungguhnya perak memiliki kapasitas yang baik pula untuk dilebur dengan logam lainnya. Maka ia digunakan sebagai leburan campuran pengganti timah, karena perak tidak menyebabkan polusi lingkungan.

4. Sesungguhnya perak memiliki dentingan bunyi yang bagus dan dapat digunakan sebagai bahan pembuat lonceng dan alat-alat musik. Selain itu, perak memiliki corak warna putih yang bagus.

5. Perak merupakan unsur kimiawi penyerap dan penghantar panas yang terbaik.

6. Perak merupakan bahan terbaik untuk penghantar aliran listrik dan berdaya resistansi rendah terhadap aliran listrik, karena itulah ia banyak digunakan untuk bahan pembuat alat-alat listrik.

7. Perak memiliki keunggulan dibandingkan dengan logam lain dalam hal kualitas penyebaran gelombang nirkabel atau radio.

8. Perak memiliki kemampuan meredam kilatan api listrik dan mampu mengalirkan listrik bertegangan tinggi tanpa lonjakan panas yang berarti pada materialnya karena kualitasnya yang baik dalam menghantar listrik.

9. Para ahli mengamati bahwa perak memiliki keunggulan lain, yaitu warnanya tahan lama, kecuali bila terkena polusi udara. Itu menunjukkan pula bahwa perak dapat digunakan sebagai alat pengukur tingkat polusi udara.

Atap rumah sel surya

Selama 15 tahun terakhir, dunia Secara luas menyaksikan penggunaan sel surya. Kini lazim ditemukan rumah-rumah dengan sel surya di atasnya seakan menjadi atap bagi rumah itu. Yang baru pada tahun-tahun belakangan ini adalah penggunaan perak secara luas dalam pembuatan sel surya. Itu menjadi dasar bagi kita untuk mengatakan, apa yang Alquran sebutkan tentang atap perak benar-benar menjadi kenyataan. Itu pulalah tanda kebesaran mukijizat Alquran, menerangkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Atap berbahan perak tersebut mampu menjadi penyimpan energi matahari yang ramah lingkungan di rumah. la berfungsi dengan cara menyerap panas matahari dan menyalurkan energi panas itu kepada saluran air yang digunakan sebagai penghangat di dalam rumah maupun untuk memasak.

Sistem itu juga berfungsi mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik secara langsung. Aliran listrik hasil penggunaan sel surya yang terkumpul disalurkan melalui kabel berbahan perak, yang dapat dimanfaatkan untuk penggunaan alat-alat elektronik di rumah tanpa menghasilkan kebisingan, ramah lingkungan, dan mudah perawatannya.

Pesawat antariksa Amerika yang diterbangkan ke planet Marspun menggunakan sel surya yang terbuat dari bahan gallium sebagai sumber energi penggeraknya. Material bahan itu dilapisi emas lalu dilapisi lagi dengan perak yang lebih tebal agar penyimpanan dan penyaluran energinya lebih maksimal.

Hasil-hasil saintifik tersebut semakin menjelaskan keagungan mukjizat Alquran dalam penyebutan perak secara khusus dan bukannya emas dalam firman Allah "atap-atap perak", dan itu terjadi 1400 tahun sebelum penemuan ilmiah membuktikannya.

Pengetahuan ini dikutip dari Buku Pintar Sains Dalam Al-Quran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, karya Dr. Nadiah Thayyarah. [yy/okezone]