fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


26 Ramadhan 1442  |  Sabtu 08 Mei 2021

Siapa yang Mengingkari Quran 1 Huruf Saja, Maka...

Siapa yang Mengingkari Quran 1 Huruf Saja, Maka...Fiqhislam.com - Imam An Nawawi Rahimahullah berkata: Kaum muslimin telah ijma atas wajibnya menganggungkan Alquran secara mutlak, juga dalam menjaga dan mengamankannya. Mereka juga ijma bahwa siapa pun yang mengingkari satu huruf saja yang telah di sepakati di dalamnya, atau menambah satu huruf saja yang tidak pernah dibaca oleh seorang berilmu pun, dan dia menyadari hal itu, maka dia kafir.

Imam Al Hafizh Abul Fadhl Al Qadhi Iyad Rahimahullah berkata: "Ketahuilah, siapa pun yang meremehkan Alquran atau mushaf, atau melecehkannya, atau mengingkari satu huruf saja darinya, atau mendustakan sedikit saja apa yang diterangkan di dalamnya baik berupa hukum, berita, atau dia menetapkan apa yang Alquran ingkari, atau dia mengingkari apa yang Alquran tetapkan, dan dia tahu menyadari perbuatannya, atau dia meragukan sesuatu dari Alquran, maka dia kafir menurut ijma kaum muslimin." (At Tibyan Fi Adab Halamah Al Quran, Hal. 164)

Bagaimana hukuman mereka yang melecehkan Alquran? Imam Muhammad bin Abi Zaid Rahimahullah berkata: "Ada pun jika ada yang mengutuk mushaf maka dia wajib dibunuh." (Ibid). Wallahu Alam. [yy/inilah]

Ustadz Farid Nu'man Hasan.S.S.

 

Tags: Quran