12 Rabiul-Awal 1443  |  Senin 18 Oktober 2021

basmalah.png

Enam Adab Batiniyah dalam Membaca Al-Quran

Enam Adab Batiniyah dalam Membaca Al-QuranFiqhislam.com - Para ulama telah menulis, ada enam adab batiniyah dalam membaca Alquran, di antaranya sebagai berikut:

1. Mengagungkan Alquran di dalam hati sebagai kalam yang tertinggi.

2. Menghadirkan dalam hati keagungan Allah Ta'ala dan kebesaran-Nya, karena Alquran adalah Kalam-Nya.

3. Membersihkan hati dari rasa was-was dan ragu.

4. Membacanya dengan merenungkan makna setiap ayat dengan penuh kenikmatan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdiri sepanjang malam sambil berulang-ulang membaca ayat:

"Jika Engkau mengazab mereka, mereka itu adalah hamba-Mu dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkau Maha Perkasa dan Maha Bijaksana." (QS Al-Ma'idah ayat 118)

Suatu malam Sa'id bin Jubair membaca satu ayat dari Surat Yasin dan mengulang-ulangnya hingga tiba waktu Subuh:

"Dan (dikatakan kepada orang-orang kafir), berpisahlah kamu dari (orang-orang mukmin) hari ini, wahai orang-orang yang berbuat jahat." (QS Yasin ayat 59)

5. Hati kita mengikuti ayat-ayat yang kita baca. Misalnya, apabila membaca ayat-ayat rahmat, hendaknya hati kita merasa gembira dan senang. Sebaliknya, ketika kita membaca ayat-ayat azab, hati kita hendaknya merasa takut.

6. Telinga benar-benar ditawajjuhkan, seolah-olah Allah Ta'ala sendiri sedang berfirman kepada kita dan kita sedang mendengarkannya.

[yy/inilah]

Tags: quran | wahyu | sunnah