15 Muharram 1444  |  Sabtu 13 Agustus 2022

basmalah.png

Sejarah Para Khalifah: Musthafa II, Awal Kemunduran Daulah

Sejarah Para Khalifah: Musthafa II, Awal Kemunduran Daulah

Fiqhislam.com - Musthafa II (1664-1703) adalah Sultan Turki Utsmani sejak 1695 hingga 1703. Ia adalah putra Sultan Muhammad IV. Ia pun turun tahta demi kepentingan saudaranya, Ahmad III, pada 1703.

Pada masanya ini, pengembangan Islam di Eropa mengalami kemunduran disebabkan lemahnya iman dan semangat jihad. Maka menyebarlah sebab-sebab kekalahan dalam tubuh umat dan semakin keraslah serangan kaum Salibis terhadap Kesultanan Utsmani.

Pada masa pemerintahan Musthafa II, ditandatanganilah perjanjian Karlpetes di wilaya tenggara Zaghreb dekat sungai Danube pada 1110 H/1699 M, dengan pemerintahan Rusia. Sesuai dengan persyaratan yang ada dalam kesepakatan tersebut, pasukan Utsmani menarik diri dari Hungaria dan wilayah Transylvania.

Ini merupakan pertanda buruk dalam perjalanan sejarah sebagian penguasa Utsmani di mana mereka menarik diri dalam peperangan dengan cara meninggalkan kaum Muslimin di tangan musuh-musuhnya yang tidak lagi memiliki rasa kasih sayang terhadap sesama.

Dengan peristiwa ini, semua negara yang sebelumnya membayar jizyah dengan tunduk dan patuh kini tidak lagi mau membayar. Sementara itu, orang-orang Salibis menghambat pemerintahan Utsmani. Mereka sepakat menghadang laju dan gerakan Kesultanan Utsmani dan mencabik-cabiknya.

Penarikan pasukan Utsmani dari tanah-tanah yang dikuasainya merupakan awal dari penarikan pasukan Utsmani dari seluruh Eropa. Sebagaimana ini juga merupakan goresan sejarah pergeseran ke masa perpecahan dan kemunduran yang demikian cepat.

Di akhir kekuasaannya, Musthafa II mencoba memperbaiki pemerintahannya, yang hanya menjadi jabatan simbolis sejak pertengahan 1600-an, ketika Muhammad IV memberikan wewenang kepada raja muda. Strategi Musthafa II adalah menciptakan dasar alternatif membuat kedudukan Timar—anggota kavaleri pasukan Utsmani—setia padanya. Namun timar-timar itu, pada tititk ini bertambah menjadi bagian usang mesin militer Turki Utsmani.

Strategi ini gagal dan Musthafa II dipecat pada tahun yang sama, 1703. Dia meninggal dunia setelah empat bulan diturunkan dari singgasananya, dalam usia 39 tahun.

Republika.co.id
Sumber: Sejarah Para Khalifah karya Hepi Andi Bastoni