5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Wanita-Wanita Teladan: Laila Al-Ghifariyah, Juru Rawat di Medan Perang

Wanita-Wanita Teladan: Laila Al-Ghifariyah, Juru Rawat di Medan PerangLaila Al-Ghifariyah adalah seorang mujahidah (pejuang wanita) yang keluar berperang bersama Rasulullah SAW dalam beberapa peperangan. Tugasnya mengobati orang-orang yang terluka dan merawat orang-orang sakit.

Ketika Ali bin Abu Thalib keluar ke Bashrah untuk mencegah terjadinya perang saudara, Laila Al-Ghifariyah ikut bersamanya. Dia datang pada Aisyah dan berkata, "Apakah kau pernah mendengar Rasulullah saw bersabda tentang Ali?"

Aisyah berkata, "Ya, Ali pernah datang mengunjungi Rasulullah SAW. Saat itu beliau sedang duduk bersamaku. Kemudian dia duduk di antara kami berdua. Kemudian aku berkata pada Ali, apakah kau tidak menemukan tempat yang lebih luas dari ini?"

Rasulullah saw berkata, "Wahai Aisyah, biarkanlah saudaraku ini. Sesungguhnya dia adalah orang yang pertama kali menerima Islam dan manusia yang paling akhir menjagaku. Dia adalah orang pertama yang berjumpa denganku pada hari kiamat."

Laila termasuk sahabat wanita yang meriwayatkan hadits dari Nabi SAW. Beberapa orang sahabat juga meriwayatkan hadits darinya.

Republika.co.id
Sumber: A'lamu An-Nisa karya Abdul Badi’ Shaqar