14 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 24 Juli 2021

basmalah.png

Kisah Sahabat Nabi Imran bin Hushain yang Bersalaman dengan Malaikat

Kisah Sahabat Nabi Imran bin Hushain yang Bersalaman dengan Malaikat

Fiqhislam.com - Adalah Imran bin Hushain, sahabat Nabi Muhammad SAW yang bersalaman dengan malaikat dalam sebuah perjalanan. Siapakah Imran itu?

Imran bin Hushain berjuluk Abu Najid Al Khuzai. Dia dan ayahnya masuk Islam bersama Abu Hurairah yaitu pada tahun ketujuh Hijriyah. Al Khuzai mengambil alih wilayah Basrah pada masa pemerintahan Umar bin Khattab.

Lantas bagaimana kisah jabat tangan antara Imran bin Hushain dan malaikat? Hal ini diketahui sebagaimana hadits sahih riwayat Muslim. Dalam riwayat itu, Imran bin Hushain memberitahukan kepada salah satu sahabat tentang dirinya yang biasa bersalaman atau berjabat tangan dengan malaikat.

Para malaikat bersalaman dengan Imran selama menderita penyakit wasir. Penyakit ini sendiri telah dia alami dalam kurun waktu yang sudah lama. Selama sakit itulah malaikat datang untuk bersalaman dengan Imran.

Dan ketika dirinya sempat sembuh berkat Rasulullah SAW, malaikat tak lagi datang menyalaminya. Lalu Imran meminta agar dibikin sakit supaya dia bisa bertemu malaikat.

Imam Nawawi menjelaskan, Imran bin Hushain memiliki riwayat sakit wasir yang memang sudah akut. Dia bersabar merasakan sakitnya itu sehingga malaikat pun menyapanya sebagai bentuk penghormatan.

Ibnu Sirin juga meriwayatkan, bahwa dia menyirami perut Imran selama 30 tahun sebagai bentuk perawatan atas sakit yang dideritanya. Namun perawatan ini ditolak Imran dan memilih untuk bersabar dengan rasa sakitnya sehingga kemudian malaikat datang menyapanya. [yy/republika]