18 Safar 1443  |  Minggu 26 September 2021

basmalah.png

Cegahlah Pandangan Yang Buruk, Itu Lebih Baik Dari Mengobati

Cegahlah Pandangan Yang Buruk, Itu Lebih Baik Dari Mengobati

Fiqhislam.com - Rasulullah telah meminta umatnya untuk mencegah pandangannya sebagai tindakan prefentif. Diantaranya adalah:

- Memalingkan wajah dari yang haram

Fadhl bin Abbas membonceng Rasulullah SAW pada hari Arafah. Fadhl yang saat itu masih sangat muda memandang dan mengawasi para wanita di Arafah. Maka Rasulullah SAW berkali-kali menggerakkan tangannya untuk memalingkan wajah Fadhl dari memandang mereka. Namun Fadhl berkali-kali memandang ke arah mereka lagi. Maka Rasulullah SAW bersabda, “Anak saudaraku, pada hari ini barang siapa mampu mengendalikan pendengaran, penglihatan, dan lisannya, niscaya ia akan diampuni Allah.” (HR. Ahmad)

- Melarang wanita mengangkat kepalanya sebelum laki-laki saat shalat berjemaah agar tidak melihat pada aurat.

- Melarang wanita saat berangkat ke masjid memakai wewangian.

- Melarang seorang istri menceritakan wanita lain secara detail kepada suaminya.

- Melarang umatnya duduk-duduk di pinggir jalan.

- Allah melarang para wanita untuk menghentak-hentakkan kakinya saat berjalan.

Bahaya Pandangan Mata

Muslim ibnul Walid Al-Anshari berkata: “Aku peroleh untuk hatiku satu pandangan yang menyenangkan mataku Namun ternyata pandangan itu menjadi kesengsaraan dan bencana bagiku Tidaklah berlalu padaku sesuatu yang lebih berbahaya daripada hawa nafsu Maha Suci lagi Maha Tinggi Dzat yang telah menciptakan hawa nafsu (Adhwa`ul Bayan, Al-Imam Asy-Syinqithi, 6/191)

Ibnu Mas’ud berkata: “Tidak ada suatu pandangan kecuali di dalamnya setan ingin menggoda

Ar Robi’ bin Khutsaim menundukkan pandangannya, saat sekelompok wanita lewat beliau tundukkan kepalanya ke dadanya sehingga para wanita itu mengira beliau buta, para wanita itu memohon perlindungan kepada Allah dari kebutaan”.

Ibnu Abbas berkata: “Setan berada dalam diri seorang laki di tiga tempat: mata,hati dan kemaluannya. Sementara pada diri wanita di: mata, hati dan sifat lemahnya

Isa bin Maryam berkata: “Penglihatan akan membangkitkan syahwat di hati dan sudah cukup itu menjadi sebuah kesalahan (dosa)

Ma’ruuf berkata: “Jagalah pandangan kalian walau dari kambing betina

Hasan bin Abi Sinankeluar dari rumahnya pada hari raya. Setelah pulang istrinya bertanya kepadanya: “Berapa banyak wanita cantik yang engkau lihat?” beliau menjawab: “Demi Allah, saya tidak melihat kecuali ke ibu jariku sejak keluar sampai pulang[yy/eramuslim]

 

Penglihatan adalah Senjata Utama Iblis