<
pustaka.png
basmalah.png

Berwudhu Sebelum Tidur

Berwudhu Sebelum Tidur

Fiqhislam.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa wudhu hanya dilakukan saat hendak shalat. Padahal wudhu juga bisa dilakukan saat sebelum tidur.

Wudhu sebelum tidur tidak hanya bernilai ibadah, tetapi juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. dr. Musthafa Syahatah, peneliti dari Universitas Alexsandria yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas THT, mengatakan "jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu".

Selain itu, wudhu sebelum tidur juga diartikan mendekatkan diri pada Allah SWT. Karena Allah akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci. Seseorang yang tidur dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat senantiasa berada di sisinya.

Rasulullah SAW bersabda: “
Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.).

Dalam kitab tanqih al-Qand al-Hatsis karangan syekh muhammad bin umar an-nawawi al-mantany, mengatakan "“
Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah".

Dilansir dari Arrahmah, beberapa manfaat wudhu sebelum tidur bagi kesehatan jiwa dan raga adalah :

1.  Air wudhu akan merilekskan otot-otot yang lelah. Para dokter juga mengatakan bahwa percikkan air akan menghilangkan rasa lelah dan pikiran yang penat.

2.  Air wudhu akan membuat wajah menjadi cerah, karena mampu menyapu sisa-sisa make up dan kotoran debu setelah seharian beraktifitas di luar rumah.

3.  Seseorang yang tidur dalam keadaan bersih (sudah berwudhu), maka malaikat selalu menemani dan mendoakannya. Malaikat adalah mahluk yang senantiasa mematuhi perintah Allah SWT. Jadi jika kita didoakan oleh malaikat, niscaya doanya dikabulkan oleh Allah.

yy/pelitaonline.com

 

top