fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


27 Ramadhan 1442  |  Minggu 09 Mei 2021

Vitamin Ruh

Vitamin Ruh

Fiqhislam.com - Sebagaimana badan membutuhkan vitamin, maka ruh juga membutuhkan vitamin. Apakah Anda tahu vitamin apa saja yang baik bagi ruh?

Dr. Aidh al-Qardhy menjelaskan vitamin terbaik bagi tubuh, yaitu vitamin SHAD:

1-SHALAT

Hendaklah Anda tidak meninggalkan shalat wajib, kemudian berusaha keraslah untuk menyertainya dengan shalat-shalat sunnah. Itu akan membuat ruh akan semakin hidup dan kuat, serta berhak mendapatkan cahaya rabbani.

2-SHAUM (PUASA)

Kerjakanlah puasa Ramadhan, kemudian ikutilah dengan puasa-puasa sunnah yang jumlahnya banyak sekali. Ada puasa senen dan kamis, ada puasa ayyamul bidh, ada puasa Arafah, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

3-SHADAQAH (SEDEKAH)

Jikalau Anda diberikan kelapangan harta oleh Allah Swt, maka janganlah menghabiskannya sendirian. Ada hak orang lain disana. Berinfaklah dan bersedekahlah. Tubuh orang lain akan kenyang dengan makanan yang dibelinya dari sedekah Anda, dan ruh Anda akan bercahaya dengan nutrisi yang diberikan-Nya.

4-SHABAR (SABAR)

Vitamin berikutnya yang baik bagi ruh adalah sabar. Hendaklah Anda bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada-Nya. Ibadah itu memang taklif (beban). Maka, nikmatilah dan bersabarlah dalam menjalankannya. Kemudian jikalau Anda ditimpa musibah, maka bersabarlah karena itu merupakan suplemen terbaik untuk mengusir segala resah dan gelisah.

5-SHIDQ (JUJUR)

Dalam hal apapun, hendaklah Anda bersikap jujur. Itu jauh akan lebih menentramkan hati daripada Anda berbohong. Jangan sampai keselamatan yang Anda dapatkan dengan berbohong membuat hati Anda gelisah karena merasa dosa terus menimpa.

6-SHILATURRAHIM (SILATURRAHIM)

Menjaga silaturrahim dengan orang lain adalah salah satu factor yang akan membuat ruh semakin sehat dan vit. Bertegur sapa dengan teman akan mendatangkan semangat baru dalam menjalani kehidupan dan beribadah kepada-Nya.

7-SHUHBAH ASH-SHALIHIN (BERTEMAN DENGAN ORANG-ORANG SHALEH)

Anda boleh berteman dengan siapa saja, namun sebagai teman akrab yang akan selalu Anda temani, hendaklah Anda memilih orang-orang shaleh. Hal itu akan membuat Anda tertular dengan kondisi spritualnya. Bahkan, Anda akan diingatkannya jikalau salah. Ibarat penjual parfum, berteman dengannya, minimal Anda akan mendapatkan bau harumnya.

D.A. Pakih Sati. Lc
yy/nabawia.com