14 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 24 Juli 2021

basmalah.png

Orang Saleh adalah yang Memenuhi Kebutuhan Saudaranya

Orang Saleh adalah yang Memenuhi Kebutuhan Saudaranya

Fiqhislam.com - Pada akhir zaman, akan sulit menemui orang yang rela membantu saudaranya yang sedang kesusahan. Rata-rata orang membantu saudaranya karena mengharapkan imbalan. Padahal Allah akan membalas kebaikan seseorang yang membantu saudaranya saat di dunia.

Saudara disini bukan hanya saudara yang mempunyai hubungan darah. Namun, saudara se-iman. Karena setiap muslim adalah saudara.

Di antara hal terbesar yang dapat melepaskan seorang hamba dari kesusahan kesusahan di hari kiamat adalah usahanya di dunia membebaskan orang-orang yang berduka dari kesedihan, membantu orang – orang yang membutuhkan, memberi kemudahan kepada orang-orang yang sedang kesusahan, dan mengangkat orang-orang yang sedang jatuh. Dalam Shahih Muslim diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang melepaskan suatu mukmin dari kesulitan dunia, Allah akan melepaskan kesulitannya di hari kiamat. Siapa yang memberi kemudahan kepada seorang yang sedang sedang kesusahan, Allah akan memberikan kemudahan di Dunia dan di Akhirat.

Siapa yang menutupi aib seorang muslim, Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat, Allah selalu menolong hamba Nya selama ia menolong sesama.

Bukhari dalam Shahihnya meriwayatkan dari Abd Allah ibn Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Muslim itu saudara Muslim lainnya. Ia tidak melalimi dan tidak mengacuhkannya. Barang siapa yang membantu saudaranya sesama muslim, Allah akan membantu kebutuhannya. Siapa yang melepaskan seorang muslim dari suatu kesusahan, Allah akan melepaskannya darisuatu kesusahan, Allah akan melepaskannya dari kesusahan hari kiamat. Siapa yang melindungi seorang Muslim, Allah akan melindunginya di dunia dan akhirat.

Ad-Dainury dalam al-Mujalasah, al-Baihaqi dalam asy-Syu’ab, dan adh-Dhiya’ dalam al-Mukhtarah meriwayatkan dari Anas bahwa Nabi SAW, bersabda, “Siapa yang menolong saudaranya secara diam-diam, Allah akan menolongnya di dunia dan akhirat

Kemudahan dalam urusan, Allah sediakan untuk kita jika kita mau membantu kesulitan saudara sesama muslim. Semoga kita semua bisa mengamalkan hadits di atas. Karena pada akhir zaman orang-orang shaleh adalah orang yang mau membantu memenuhi kebutuhan saudaranya.

yy/islampos.com
Sumber: Ensiklopedia Kiamat/Karya: Dr. Umar Sulayman al-Asykar/Penerbit: Serambi
Tags: Orang Saleh