11 Muharram 1444  |  Selasa 09 Agustus 2022

basmalah.png

Jika Sibuk dengan 6 Hal Ini, Maka Sibukkanlah dengan 6 Hal Lainnya

Jika Sibuk dengan 6 Hal Ini, Maka Sibukkanlah dengan 6 Hal Lainnya

Fiqhislam.com - Kita hidup di muka bumi ini tentu bukan hanya sekedar untuk menempatinya saja. Melainkan, ada suatu hal yang harus kita lakukan, sebagai makhluk hidup. Kita tak akan bertahan hidup jika tidak melakukan usaha untuk mencari sesuatu yang dapat mempertahankan kehidupan kita. Bukan hanya itu, kita juga harus bisa memposisikan diri sebagai hamba Allah dan makhluk sosial.

Salah seorang cendekiawan berkata bahwa apabila orang-orang sibuk dengan enam hal, maka kamu pun harus sibuk dengan enam hal, yaitu:

1. Apabila seseorang sibuk dengan memperbanyak amal, maka hendaknya kamu sibuk dengan amal yang baik dan sempurna.

2. Apabila orang-orang sibuk dengan mengerjakan yang sunnah, maka hendaknya kamu sibuk dengan menyempurnakan yang wajib.

3. Apabila orang-orang sibuk dengan memperbaiki yang nampak, maka hendaknya kamu sibuk dengan memperbaiki batin.

4. Apabila orang-orang sibuk menyelidiki aib orang lain, maka hendaknya kamu sibuk dengan menyelidiki aib sendiri.

5. Apabila orang-orang sibuk dengan membangun dunia, maka hendaknya kamu sibuk dengan membangun akhirat.

6. Apabila orang-orang sibuk dengan mencari keridhoan makhluk, maka hendaknya kamu sibuk dengan mencari keridhaan Allah Ta’ala.

Itulah enam kesibukkan yang jauh lebih baik untuk Anda lakukan. Lakukanlah yang terbaik bagi dirimu, yang sesuai dengan syariat Islam. Berusahalah untuk melakukan hal yang lebih baik. Maka, rasakanlah kenikmatan yang lebih baik pula yang akan Anda dapatkan. Wallahu ‘alam.

yy/islampos
Sumber: Terjemah Tanbihul Ghafilin Peringatan bagi Orang-orang yang Lupa 2/Karya: Abu Laits as Samarqandi/Penerbit: PT Karya Toha Putra Semarang