pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


12 Dzulqa'dah 1442  |  Selasa 22 Juni 2021

Al-Quran Bukan Berbahasa Arab, Benarkah?

Warnaislam.com - Assalamualaikum Wr. Wb, ada yang mengatakan Alqur'an itu pakai bahasa Arab, Tapi ada juga yang mengatakan bahwa Alqur'an itu bukan Menggunakan bahasa Arab, tapi mempunyai bahasa sendiri yang Allah Turunkan...

http://warnaislam.com/pic3.php?f=sarwat.jpg&s=80

Ahmad Sarwat, Lc

Jawab: Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Tidak benar kalau orang bilang bahwa Al-Quran bukan berbahasa arab. Yang benar adalah bahwa Al-Quran ini 100% berbahasa arab. Namun yang membedakannya adalah nilai sastranya. Al-Quran adalah kitab berbahasa arab dengan nilai sastrayang sangat tinggi.

Namun semua orang arab bisa mengerti, paham dan tahu isi Al-Quran. Bahkan mereka sangat menikmati ketinggian nilai sastranya. Makanya banyak pemimpin musyrikin Makkah yang diam-diam sering datang malam hari ke rumah nabi SAW, untuk mencuri dengar Al-Quran sedang dibacakan. Dan semua sepakat, bahwa Al-Quran ini sangat indah bahasanya, sangat enak didengar dan merasuk ke dalam kalbu. Semua karena ketinggian sastranya. Padahal yang mendengarkan justru orang-orang kafir yang menolak kebenarannya.

Ketinggian nilai sastranya ini jangan dipahami keliru. Semakin tinggi nilai sastranya, Al-Quran justru semakin komunikatif buat pembaca atau pendengarnya. Tidak seperti yang sering dipahami orang-orang secara salah, di mana mereka beranggapan karena saking tingginya nilai sastra yang melekat pada Al-Quran, maka isinya sampai tidak bisa dipahami. Ini jelas sebuah kekeliruan pandanga yang teramat fatal.

Dalil Bahwa Al-Quran Berbahasa Arab

Sebenarnya terlalu banyak argumentasi tentang hal ini, kalau mau disebutkan satu persatu. Sebab boleh dibilang bahwa semua orang di seluruh dunia sepakat dengan itu, maka buat apa harus ditampilkan lagi argumentasinya. Namun karena ada pertanyaan seperti ini, tidak ada salahnya kami sampaikan sebagian argumentasinya.

Quran Menyatakan Bahwa Quran Berbahasa Arab

Al-Quran sendiri telahmenyebutkan bahwa bahasa yang digunakan adalah bahasa arab. Hal ini bisa kita baca dalam salah satu ayat di dalam Al-Quran.

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur'an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (QS. Yusuf: 2)

Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al-Quraan itu sebagai peraturan dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap Allah. (QS. Ar-Ra'd: 37)

bahasa Arab yang terang. (QS. An-Nahl: 103)

Dan demikianlah Kami menurunkan Al-Qur'an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau Al-Qur'an itu menimbulkan pengajaran bagi mereka. (QS. Thaha: 113)

Dan sesungguhnya Al-Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin, ke dalam hatimu agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas. (QS. As-Syu'ara: 192-195)

Bagaimana bisa seseorang mengatakan bahwa Al-Quran bukan berbahasa arab, padahal Al-Quran sendiri secara tegas dan berkali-kali menyebutkan bahwa bahasa yang digunakannnya adalah bahasa arab? Lalu apa maunya orang yang mengatakan bahwa Al-Quran bukan berbahasa arab? Apakah adadalil yang lebih tinggi derajatnya dari ayat Al-Quran?

Setiap Nabi Diutus Dengan Bahasa Kaumnya

Setiap nabi tidak diutus ke dunia ini kecuali dia berbahasa kaumnya. Dan tentu saja kitab suci yang dibawanya juga berbahasa kaumnya.

Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Ibrahim: 4)

Karena nabi Muhammad SAW diutus pertama kali kepada bangsa Arab, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab. Dan kitab suci yang turun kepadanya juga berbahasa arab juga.

Kalau bahasa Al-Quran bukan bahasa arab, berarti tidak dipahami oleh nabi Muhammad SAW. Sebab nabi Muhammad SAW adalah seorang berkebangsaan Arab. Beliau berbicara dengan bahasa arab kepada orang arab. Buat apa Al-Quran diturunkan kalau tidak berbahasa arab? Buat apa ayat-ayat itu kalau bangsa arab sendiri tidak paham bahasanya?

Namun bukan berarti Islamditurunkan hanya kepada bangsa arab saja. Bukan demikian pengertiannya. Islam diturunkan kepada seluruh umat manusia, namun bangsa dan bahasa arab mendapat penghormatan sebagai media pengampaiannya. Tentunya, di balik semua itu, ada rahasia tertentu yang menjadi alasan mengapa bahasa arab dipilih oleh Allah SWT.

Sebenarnya masih banyak argumentasi lain yang menguatkan hal ini, tapi kami cukupkan sekian dahulu karena keterbatasan ruang dan waktu.

Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

http://warnaislam.com/pic3.php?f=sarwat.jpg&s=80