<
pustaka.png
basmalah.png

Siksa Kubur: 6 Dalil dan Cara Berlindung Darinya

Siksa Kubur: 6 Dalil dan Cara Berlindung Darinya

Fiqhislam.com - Setiap orang pasti menginginkan surga di akhirat kelak dan terbebas dari siksa kubur. Namun perbuatan manusia selama di dunia menjadi penentu apakah mereka bisa mendapatkan kedua hal tersebut.

Siksa kubur menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap orang. Berikut merupakan dalil tentang siksa kubur serta cara berlindung darinya.

Dalil Tentang Siksa Kubur

Siksa kubur telah disebutkan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW dalam Al Quran dan hadits. Berikut beberapa dalil tentang siksa kubur:


1. Surah Al An'am ayat 93

وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ قَالَ اُوْحِيَ اِلَيَّ وَلَمْ يُوْحَ اِلَيْهِ شَيْءٌ وَّمَنْ قَالَ سَاُنْزِلُ مِثْلَ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ ۗوَلَوْ تَرٰٓى اِذِ الظّٰلِمُوْنَ فِيْ غَمَرٰتِ الْمَوْتِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ بَاسِطُوْٓا اَيْدِيْهِمْۚ اَخْرِجُوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ اَلْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُوْنِ بِمَا كُنْتُمْ تَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنْتُمْ عَنْ اٰيٰتِهٖ تَسْتَكْبِرُوْنَ ٩٣

"Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah atau yang berkata, "Telah diwahyukan kepadaku," padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya dan orang yang berkata, "Aku akan mendatangkan seperti yang diturunkan Allah." Seandainya saja engkau melihat pada waktu orang-orang zalim itu (berada) dalam kesakitan sakratulmaut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya (sembari berkata), "Keluarkanlah nyawamu!" Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya."



2. Surah Sajdah ayat 21

وَلَنُذِيْقَنَّهُمْ مِّنَ الْعَذَابِ الْاَدْنٰى دُوْنَ الْعَذَابِ الْاَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ ٢١

"Kami pasti akan menimpakan kepada mereka sebagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat) agar mereka kembali (ke jalan yang benar)."


3. Surah Ghafir ayat 46

اَلنَّارُ يُعْرَضُوْنَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَّعَشِيًّا ۚوَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ ۗ اَدْخِلُوْٓا اٰلَ فِرْعَوْنَ اَشَدَّ الْعَذَابِ ٤٦

"Neraka diperlihatkan kepada mereka (di alam barzakh) pada pagi dan petang. Pada hari terjadinya kiamat, (dikatakan,) "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam sekeras-keras azab!""


4. Hadits Riwayat Muslim

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang kamu telah selesai dari tasyahud akhir, maka sebaiknya berlindung dengan Allah dari empat, yaitu azab jahannam, azab kubur, fitnah kehidupan dan kematian, dan keburukan al-Masih al-Dajjal." (HR Muslim)


5. Hadits Riwayat Muslim

Rasulullah SAW bersabda, "Ada dua orang nenek Yahudi Madinah datang kepadaku. Keduanya berkata: penghuni kubur akan disiksa di dalam kuburnya. Aku pun menganggap keduanya tidak benar. Aku merasa tidak senang membenarkan perkataan keduanya, kemudian keduanya keluar. Kemudian Rasulullah SAW. datang menemuiku dan aku berkata: Wahai Rasulullah, dua orang nenek Yahudi Madinah datang kepadaku, mereka meyakini bahwa penghuni kubur akan disiksa di dalam kuburnya. Beliau menjawab: Mereka benar. Bahwa sesungguhnya penghuni kubur akan disiksa dengan siksaan yang bisa didengar oleh hewan ternak. Setelah itu aku lihat beliau selalu mohon perlindungan dari siksa kubur setiap shalat". (HR Muslim)


6. Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim

Dari Ibnu Abbas RA, "Ketika Rasulullah SAW lewat kuburan, beliau bersabda, "Kedua orang ini (penghuni kubur) sedang diazab. Mereka berdua tidak diazab karena dosa besar; salah satu dari mereka karena tidak bersih dalam bersuci setelah kencing (istibra'), sedangkan satunya suka melakukan adu domba (namimah)." (HR Bukhari dan Muslaim)


Cara Berlindung dari Siksa Kubur

Sebagai seorang muslim, ada cara yang dapat dilakukan untuk berlindung dari siksa kubur seperti yang tertera dalam buku 1001 Siksa Kubur karya Abdul Rahman yaitu:

• Menjauhi sebab yang akan menjerumuskan ke dalam azab kubur.
• Mengevaluasi diri sendiri atas apa yang telah dilakukan, baik perkara yang dirugikan maupun perkara yang menguntungkan.
• Senantiasa memperbarui taubatnya
• Senantiasa berdzikir
• Membaca surah Al-Mulk
• Membaca doa yang sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW

Dikutip dari buku Panduan Lengkap Doa untuk Muslimah karya Fathuri Ahza Mumtaza, berikut merupakan doa agar terhindar dari siksa kubur,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma innii 'auudzu bika min 'adzaabi al-qabri wa min 'adzaabi jahannama wa min fitnati al-mahyaa wa al-mamaati wa min syarri fitnati al-masiihi ad-dajjaali.

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka jahannam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal." (HR Bukhari & Muslim). [yy/rahma ambar/detik]

 

top