<
pustaka.png
basmalah.png

Al-Quran dan Al-Hadits: Dalil tentang Taubat

Al Quran dan Al-Hadits: Dalil tentang Taubat

Fiqhislam.com - Taubat dimaknai sebagai usaha seorang hamba untuk berhenti dan meninggalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dosa. Hal ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berniat untuk tidak mengulanginya.

Mengutip buku Cara Bertaubat menurut Al Quran dan As Sunnah oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim al-Hamd, taubat berasal dari kata taaba. Kata itu terbentuk dari huruf ta, wau, dan ba sehingga menjadi tawaba yang artinya pulang, kembali, dan penyesalan.

Dalil terkait taubat tercantum dalam sejumlah hadits dan Al Quran. Merangkum arsip dan buku Ya Allah, Mudahkan Rezeki dan Jodohku! karya Ustadz Ahmad Sobiriyanto, berikut bahasannya.

Dalil yang Menjelaskan tentang Taubat

1. Surah Al Baqarah Ayat 54

وَإِذْ قَالَ مُوسَىٰ لِقَوْمِهِۦ يَٰقَوْمِ إِنَّكُمْ ظَلَمْتُمْ أَنفُسَكُم بِٱتِّخَاذِكُمُ ٱلْعِجْلَ فَتُوبُوٓا۟ إِلَىٰ بَارِئِكُمْ فَٱقْتُلُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ عِندَ بَارِئِكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ

"Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, sesungguhnya kamu telah menganiaya dirimu sendiri karena kamu telah menjadikan anak lembu (sembahanmu), maka bertaubatlah kepada Tuhan yang menjadikan kamu dan bunuhlah dirimu. Hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang menjadikan kamu; maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang". (QS. Al-Baqarah: 54)

2. Surah Al Maidah Ayat 39

فَمَن تَابَ مِنۢ بَعْدِ ظُلْمِهِۦ وَأَصْلَحَ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

"Maka barangsiapa bertaubat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Maidah: 39)

3. Hadits Pelaksanaan Shalat Taubat

Diriwayatkan dari Abu Bakar RA, Nabi SAW bersabda:

"Tiada seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk shalat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya." (HR Abu Daud, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah)

4. Surah At Taubah Ayat 112

ٱلتَّٰٓئِبُونَ ٱلْعَٰبِدُونَ ٱلْحَٰمِدُونَ ٱلسَّٰٓئِحُونَ ٱلرَّٰكِعُونَ ٱلسَّٰجِدُونَ ٱلْءَامِرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱلنَّاهُونَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَٱلْحَٰفِظُونَ لِحُدُودِ ٱللَّهِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

"Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang rukuk, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu." (QS. At-Taubah: 112)

5. Hadits Allah SWT Menerima Taubat Hamba-Nya

Dalam hadits lainnya disebutkan bahwa Allah SWT menerima taubat para hamba-Nya sampai sebelum mereka meregang nyawa.

"Sesungguhnya Allah Yang Maha Agung akan menerima taubat seseorang sebelum nyawa sampai di tenggorokan (sebelum sekarat)." (HR Tirmidzi)

6. Hadits Anjuran Bertaubat

Taubat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana bunyi sabdanya, "Sesungguhnya, seorang hamba apabila berbuat dosa maka di dalam hatinya ditorehkan sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan beristighfar serta bertaubat maka kembali bersih hatinya. Dan jika dia mengulanginya maka titik hitam itu akan ditambahkan padanya sampai menjadi pekat, itulah yang disebutkan Allah Ta'ala: 'Sekali-kali tidak akan tetapi itulah raan yang menyelimuti hati mereka akibat apa yang telah mereka kerjakan.'" (HR Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Ciri Taubat yang Diterima Allah SWT

Dalam buku 17 Jalan Menggapai Mahkota Sufi tulisan Muhammad Sholikhin, ada sejumlah ciri yang menandakan taubat seorang hamba diterima oleh Allah SWT, yaitu:

    • Terputusnya hubungan dengan para pelaku kejahatan dan terjalinnya hubungan yang erat dengan orang-orang soleh
    • Terhindari dari segala dosa serta adanya kesungguhan untuk menaati Allah SWT
    • Senantiasa ingat bahwa kehidupan akhirat lebih baik dan abadi dibanding kehidupan dunia
    • Mengisi waktu hanya untuk menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya

[yy/anisa rizki/detik]

 

top