<
pustaka.png
basmalah.png

Bisa Jadi Karena 4 Hal Ini Penyebab Lemah Iman

Bisa Jadi Karena 4 Hal Ini Penyebab Lemah Iman

Fiqhislam.com - Lemah iman mungkin sering dialami oleh seorang Muslim tapi kerap tidak dirasakannya. Lemah iman ada sebabnya. Sebaiknya segera identifikasi diri apa sebab Anda lemah iman.

Ada sejumlah sebab mengapa seorang Muslim menjadi lemah iman sehingga mudah tergoda dengan perbuatan maksiat.

Pertama, tidak mencintai Al Quran. Ini adalah tanda-tanda lemahnya iman dan cintanya kepada Allah SWT.

Sebab, cinta yang sejati bagi Allah SWT, adalah Muslim yang mencintai firman-firman-Nya, dan menikmati bacaan-Nya, serta mendekat kepada Allah SWT melalui bacaan Al Quran.

Membaca Al Quran merupakan salah satu alasan terbesar untuk meningkatkan iman.

Allah SWT berfirman, "Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana." (QS. Al Fath ayat 4)

Kedua, mengabaikan tilawah dan tadabur Al Quran juga merupakan alasan lemahnya dan kurangnya iman. Sebab, tilawah dan mentadabburi Al Quran sejatinya adalah bentuk kekuatan cintanya pada Al Quran.

Ketiga, tidak mengamalkan isi Al Quran. Tujuan diturunkannya Al Quran tidak hanya sekadar membaca dan mentadabburinya tetapi juga mengamalkannya.

Allah SWT berfirman, "Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran." (QS. Shad Ayat 29)

Keempat, tidak memperbanyak perbuatan baik atau amal saleh setiap saat. Amal shaleh adalah faktor dijauhkannya dari fitnah. Di antara amal saleh ini adalah tilawah, shalat, doa, istighfar, dan sedekah.

Agar iman kuat, maka seorang Muslim harus ikhlas dalam mengerjakan amal sholeh, yang dalam hal ini ialah tilawah Al Quran. Sebab keikhlasan ini merupakan wujud kecintaannya kepada Allah SWT.

Segala sesuatu itu datangnya dari Allah SWT dan segala amal perbuatan tidak akan diterima tanpa ridho-Nya. [yy/republika]

 

top