<
pustaka.png
basmalah.png

Asmaul Husna Al-Muhyi: Yang Maha Menghidupkan

Asmaul Husna Al-Muhyi: Yang Maha Menghidupkan

Fiqhislam.com - Allah SWT memiliki 99 Asmaul Husna. Salah satu Asmaul Husna tersebut adalah Asmaul Husna Al Muhyi.

Asmaul Husna Al Muhyi artinya Maha Menghidupkan. Asmaul Husna ini memiliki keutamaan yang mulia.

Dikutip dari buku 99 Rahasia Keajaiban Asmaul Husna karya Syafi'ie el Bantanie, Asmaul Husna Al Muhyi secara bahasa artinya "yang menghidupkan". Allah SWT Al Muhyi artinya Allah Maha Menghidupkan dan memberi kehidupan kepada semua makhluknya.

Syaifurrahman El-Fati dalam buku Manfaat Dahsyat Dzikir Asmaul Husna menyatakan bahwa tidak ada yang menciptakan kehidupan dan kematian kecuali Allah SWT. Tidak ada pula yang menghidupkan dan mematikan kecuali Dia.

Kematian dan kehidupan itu terikat dengan kehendak-Nya. jadi, jika Allah menghidupkan atau mematikan, maka itu adalah sesuai dengan kehendak-Nya dan mengikuti ilmu-Nya yang azali.

Dalil Asmaul Husna Al Muhyi

Terdapat beberapa dalil yang menyatakan bahwa Allah SWT Al Muhyi. Beberapa dalilnya yaitu sebagai berikut,

Surah Al Baqarah ayat 258,

اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْ حَاۤجَّ اِبْرٰهٖمَ فِيْ رَبِّهٖٓ اَنْ اٰتٰىهُ اللّٰهُ الْمُلْكَ ۘ اِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّيَ الَّذِيْ يُحْيٖ وَيُمِيْتُۙ قَالَ اَنَا۠ اُحْيٖ وَاُمِيْتُ ۗ قَالَ اِبْرٰهٖمُ فَاِنَّ اللّٰهَ يَأْتِيْ بِالشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ الْمَغْرِبِ فَبُهِتَ الَّذِيْ كَفَرَ ۗوَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَۚ ٢٥٨

"Tidakkah kamu memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim mengenai Tuhannya karena Allah telah menganugerahkan kepadanya (orang itu) kerajaan (kekuasaan), (yakni) ketika Ibrahim berkata, "Tuhankulah yang menghidupkan dan mematikan." (Orang itu) berkata, "Aku (pun) dapat menghidupkan dan mematikan." Ibrahim berkata, "Kalau begitu, sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur. Maka, terbitkanlah ia dari barat." Akhirnya, bingunglah orang yang kufur itu. Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang zalim."

Surah Ar Rum ayat 50,

فَانْظُرْ اِلٰٓى اٰثٰرِ رَحْمَتِ اللّٰهِ كَيْفَ يُحْيِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَاۗ اِنَّ ذٰلِكَ لَمُحْيِ الْمَوْتٰىۚ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ٥٠

"Perhatikanlah jejak-jejak rahmat Allah, bagaimana Dia menghidupkan bumi setelah mati (kering). Sesungguhnya (Zat yang melakukan) itu pasti berkuasa menghidupkan orang yang telah mati. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."

Surah Fushilat ayat 39,

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنَّكَ تَرَى الْاَرْضَ خَاشِعَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْۗ اِنَّ الَّذِيْٓ اَحْيَاهَا لَمُحْيِ الْمَوْتٰى ۗاِنَّهٗ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ٣٩

"Sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)-Nya adalah bahwa engkau melihat bumi kering dan tandus, kemudian apabila Kami menurunkan air (hujan) padanya, ia pun hidup dan menjadi subur. Sesungguhnya Zat yang menghidupkannya pasti dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."

Surah An-Nahl ayat 97,

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ٩٧

"Siapa yang mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan, sedangkan dia seorang mukmin, sungguh, Kami pasti akan berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang selalu mereka kerjakan."

Keutamaan Asmaul Husna Al Muhyi

Dirangkum dari sumber sebelumnya dan buku Rahasia Agung Asmaul Husna: Mengungkap Rahasia Berdoa dengan Asmaul Husna untuk Kerejekian, Keselamatan, Pengasihan dan lain sebagainya karya Salahuddin Abbas dijelaskan beberapa keutamaan Asmaul Husna Al Muhyi, berikut diantaranya:

1. Dijauhkan dari segala macam penyakit

Dengan membaca "Yaa Muhyii" rutin sebanyak 70 kali setelah selesai shalat subuh dan shalat maghrib, maka akan dijauhkan dari segala macam penyakit, baik penyakit jasmani maupun rohani.

2. Diberi derajat hidup yang mulia di dunia dan akhirat

Dengan membaca "Yaa Muhyi" rutin setiap hari sebanyak 58 kali setelah shalat subuh dan maghrib, maka akan diberikan derajat hidup yang mulia di dunia dan akhirat.

3. Diberi umur yang berkah sehingga rajin beramal kebajikan

Dengan membaca "Yaa Muhyi" rutin setiap hari sebanyak 58 kali setelah shalat subuh dan maghrib, maka akan diberikan umur yang berkah sehingga rajin beramal kebajikan. [yy/rahma ambar/detik]

 

 

top