<
pustaka.png
basmalah.png

Asmaul Husna Al Qawiyyu: Yang Maha Kuat

Asmaul Husna Al Qawiyyu: Yang Maha Kuat

Fiqhislam.com - Al Qawiyyu adalah salah satu Asmaul Husna yang dimiliki oleh Allah SWT, Al Qawiyyu artinya Maha Kuat.

Asmaul Husna Al Qawiyyu ini bahkan termaktub dalam Al Quran. Simak di sini penjelasan selengkapnya.

Arti Asmaul Husna Al Qawiyyu

Dikutip dari buku Cari Saja Allah karya Ahmad Kamil Arsyad, Al Qawiyyu bermakna bahwa Allah SWT merupakan Dzat Yang Maha Kuat dan yang memiliki kekuasaan sempurna.

Allah SWT Maha Kuat dalam memenuhi segala permintaan dan harapan dari para hamba-Nya. Allah SWT juga memberikan kekuatan kepada semua ciptaan-Nya. Kekuatan-Nya tidak ada bandingan, tidak terbatas dan tidak akan pernah habis.
Dalil Asmaul Husna Al Qawiyyu

Beberapa dalil yang mengabadikan nama baik Allah SWT ini atau Asmaul Husna Al Qawiyyu di antaranya:

Surah An-Naml ayat 39,

قَالَ عِفْرِيْتٌ مِّنَ الْجِنِّ اَنَا۠ اٰتِيْكَ بِهٖ قَبْلَ اَنْ تَقُوْمَ مِنْ مَّقَامِكَۚ وَاِنِّيْ عَلَيْهِ لَقَوِيٌّ اَمِيْنٌ ٣٩

Ifrit dari golongan jin berkata, "Akulah yang akan membawanya kepadamu sebelum engkau berdiri dari singgasanamu. Sesungguhnya aku benar-benar kuat lagi dapat dipercaya."

Surah Al-Qashash ayat 26,

قَالَتْ اِحْدٰىهُمَا يٰٓاَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ ۖاِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْاَمِيْنُ ٢٦

Salah seorang dari kedua (perempuan) itu berkata, "Wahai ayahku, pekerjakanlah dia. Sesungguhnya sebaik-baik orang yang engkau pekerjakan adalah orang yang kuat lagi dapat dipercaya."

Surah Al-Anfal ayat 52,

كَدَأْبِ اٰلِ فِرْعَوْنَۙ وَالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْۗ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَاَخَذَهُمُ اللّٰهُ بِذُنُوْبِهِمْۗ اِنَّ اللّٰهَ قَوِيٌّ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ٥٢

"(Keadaan mereka) serupa dengan keadaan pengikut Fir'aun dan orang-orang yang sebelum mereka. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka disebabkan dosa-dosanya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi sangat keras hukuman-Nya."

Surah Al-Hajj ayat 40,

الَّذِيْنَ اُخْرِجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ بِغَيْرِ حَقٍّ اِلَّآ اَنْ يَّقُوْلُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ۗوَلَوْلَا دَفْعُ اللّٰهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَّهُدِّمَتْ صَوَامِعُ وَبِيَعٌ وَّصَلَوٰتٌ وَّمَسٰجِدُ يُذْكَرُ فِيْهَا اسْمُ اللّٰهِ كَثِيْرًاۗ وَلَيَنْصُرَنَّ اللّٰهُ مَنْ يَّنْصُرُهٗۗ اِنَّ اللّٰهَ لَقَوِيٌّ عَزِيْزٌ ٤٠

(Yaitu) orang-orang yang diusir dari kampung halamannya, tanpa alasan yang benar hanya karena mereka berkata, "Tuhan kami adalah Allah." Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentu telah dirobohkan biara-biara, gereja-gereja, sinagoge-sinagoge, dan masjid-masjid yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sungguh, Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

Surah Al-Baqarah ayat 165,

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ ١٦٥

"Di antara manusia ada yang menjadikan (sesuatu) selain Allah sebagai tandingan-tandingan (bagi-Nya) yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat kuat cinta mereka kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat keras azab-Nya, (niscaya mereka menyesal)."

Keutamaan Dzikir Asmaul Husna Al Qawiyyu

1. Terlindungi Allah SWT

Dilansir dari buku Rahasia Keajaiban Asmaul Husna karya Syafi'ie el-Bantanie, dengan memperbanyak membaca Ya Qawiyyu, maka Allah SWT akan melindungi umatnya dari kejahatan manusia.

2. Diberi Kekuatan oleh Allah SWT

Menurut buku Asmaul Husna 1001 Solusi Hidup karya Titin Supartinah, dengan membaca Asmaul Husna ini, Allah SWT akan memberikan kekuatan kepada hamba-Nya untuk melaksanakan segala hal seperti beribadah.

3. Kembalikan Kondisi Fisik dan Mental

Mengutip buku Khasiat & Fadhilah 99 Asmaul Husna: Nama-nama Indah Allah SWT karya Umar Faruq, dengan membaca dzikir, "Yaa qawiyyu yaa matiin," setiap malam sebanyak 1000 kali, Allah SWT akan mengembalikan kekuatan umat-Nya seperti semula. [yy/rahma ambar/detik]

 

 

top