<
pustaka.png
basmalah.png

Sepuluh Nabi yang Pernah Tinggal di Palestina

Sepuluh Nabi yang Pernah Tinggal di Palestina

Fiqhislam.com - Setidaknya 10 nabi yang pernah tinggal di Palestina. Apalagi dalam Al Quran disebutkan dalam Surah Al-Ma'idah (5:21) yang menceritakan rumah bagi banyak nabi dan orang-orang besar.

"Wahai umatku, masuklah ke Tanah Suci yang telah ditetapkan Allah kepadamu dan janganlah kamu mundur (dari berperang di jalan Allah) karena nanti kamu akan dikembalikan sebagai orang-orang yang merugi” Surah Al-Ma'idah (5:21).

Selain itu Palestina adalah tempat kelahiran banyak Nabi termasuk Hazrat Ibrahim, Ishaq, Dawud, Yaqub, Sulaiman, Zakariya, Yahya, Isa dan sahabat lainnya seperti Irmiya, Maryam, Samuil, Talut, Uzair dan Yusha.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (20/10/2023) berikut 10 nabi yang pernah tinggal di Palestina.

1. Nabi Muhammad SAW

Nabi terakhir dalam ajaran agama Islam ini dikisahkan pernah singgah di Masjid Al Aqsha saat melakukan perjalanan Isra Mi’raj. Sebagaimana diketahui, masjid tersebut berada di kawasan Kota Tua Yerusalem dan terletak di Al-Haram Al-Sharif atau Suaka Mulia.

Kawasan seluas 35 hektar ini menjadi situs tersuci ketiga bagi para Muslim setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

2. Nabi Ibrahim as

Nabi Ibrahim as semasa hidup banyak menghabiskan waktu di tanah Palestina bersama dengan keluarganya. Bahkan makam nabi yang dijuluki sebagai bapak para nabi ini ada di Palestina, tepatnya berada di Masjid Al-Khalil di Hebron, Tepi Barat.

3. Nabi Yusuf as

Selanjutnya ada nabi tertampan yakni Nabi Yusuf as yang diketahui lahir di Yerusalem. Nabi Yusuf as merupakan putra kesayangan Nabi Yakub as.

Dikisahkan pada zaman dahulu Nabi Yusuf as sempat dibuang oleh saudara-saudaranya ke dalam sebuah sumur yang kini disebut sebagai ‘Jubb Yusef’ dan terletak di Galilee. Sumur tersebut saat ini menjadi situs legendaris.

Setelah wafat, Nabi Yusuf as diperkirakan dimakamkan di Masjid Ibrahimi di Hebron, Tepi Barat.

4. Nabi Sulaiman as

Nabi yang diberikan mukjizat bisa berbicara dengan hewan dan mengontrol jin ini juga diketahui pernah tinggal di Palestina. Beliau merupakan putra dari Nabi Daud as yang lahir di Yerusalem.

Sepeninggalan sang ayah, Nabi Sulaiman as pernah memerintah Palestina selama 30 tahun. Dengan mukjizat yang dimiliki, beliau pernah memerintahkan jin untuk memperbaiki Masjidil Aqsha di Yerusalem.

Beliau juga dimakamkan di masjid tersebut. Dalam sejarah dikatakan beliau meninggal sambil memegang tongkatnya.

5. Nabi Daud as

Selanjutnya adalah Nabi Daud as yang dipercaya telah memimpin tanah Palestina selama 40 tahun lamanya, yakni 33 tahun di Yerusalem dan 7 tahun di Hebron.

Semasa kepemimpinannya, Nabi Daud as berperan dalam pembangunan dan arsitektur keagamaan di Yerusalem. Beliau juga dikenal memiliki kebijaksanaan, kekuatan, serta pengabdian kepada Allah SWT.

6. Nabi Isa as

Disebutkan dalam sejarah bahwa Nabi Isa as lahir di Bethlehem atau sekarang disebut dengan Tepi Barat. Dipercaya Gereja Kelahiran di Tepi Barat dibangun tepat di tempat kelahiran Nabi Isa as.

Sementara itu Bukit Zaitun di Yerusalem dipercaya sebagai tempat ketika Nabi Isa as diangkat ke langit oleh Allah SWT.

Diketahui, Nabi Isa as menghabiskan hidupnya di Palestina untuk menyebarkan agama Islam. Beliau memiliki beberapa mukjizat, salah satunya adalah bisa menghidupkan orang mati dan dipercaya hingga saat ini Nabi Isa as masih hidup. Beliau akan kembali ke Bumi saat akhir zaman.

7. Nabi Musa as

Nabi yang pernah tinggal di Palestina selanjutnya adalah Nabi Musa as. Beliau adalah penerima wahyu Allah SWT berupa kitab Taurat untuk Bani Israil.

Dipercaya Nabi Musa as kini dimakamkan di Selatan Jericho, Tepi Barat, Palestina. Kini terdapat sebuah masjid di dekat makam Nabi Musa as untuk menghormatinya.

8. Nabi Ishaq as

Selanjutnya ada Nabi Ishaq as yang merupakan putra kedua Nabi Ibrahim as. Beliau diyakini lahir di Palestina. Setelah dewasa, Nabi Ishaq as dipercaya sang ayah untuk menyebarkan agama Islam.

Setelah wafat, Nabi Ishaq as dimakamkan di Perbukitan Hebron dan kini makam tersebut menjadi situs paling religius.

9. Nabi Luth as

Kemudian ada keponakan nabi Ibrahim as yakni Nabi Luth as. Beliau menjadi nabi yang bertugas untuk menyadarkan Kaum Sodom dan Gomorrah yang dulunya tinggal di dekat Laut Mati antara Tepi Barat dan Yordania.

Makam Nabi Luth as sendiri berada di Palestina bagian selatan Hebron, Tepi Barat.

10. Nabi Yakub as

Terakhir adalah Nabi Yakub as, putra Nabi Ishaq as yang juga lahir di Palestina. Beliau juga mengikuti jejak sang ayah untuk menyebarkan tauhid kepada para pengikutnya.

Di masa dewasa, Nabi Yakub as bepergian ke utara Irak lalu kembali ke Palestina sebelum akhirnya menetap di Mesir hingga wafat. Makam Nabi Yakub as ada di Masjid Ibrahimi bersama Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq, dan Nabi Yusuf.

Demikian 10 nabi yang pernah tinggal di Palestina. Wallahu a'lam bisshawab. [yy/destriana indria/okezone]

 

Tags: Palestina | Aqsha | Maqdis
top