<
pustaka.png
basmalah.png

Empat Hadits tentang Palestina, Tanah Pilihan Allah yang Sedang Dijajah Israel

Empat Hadits tentang Palestina, Tanah Pilihan Allah yang Sedang Dijajah Israel

Fiqhislam.com - Palestina adalah tanah suci pilihan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Di dalamnya terdapat Masjidil Aqsha, kiblat pertama umat Islam, yang gagah berdiri.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

"Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS Al Isra (17): 1)

Palestina yang telah lama terlibat konflik dengan Israel ini merupakan salah satu negara paling bersejarah bagi kaum Muslimin. Perjalanan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menerima wahyu shalat erat kaitannya dengan Masjid Al Aqsha.

Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menyebut Palestina di dalam kitab suci Al Quran, begitupun di dalam hadits. Beberapa hadits tentang Palestina di akhir zaman telah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sampaikan.

Keberadaan Palestina sebagai negara yang diberkahi telah Allah Subhanahu wa Ta'ala sampaikan dalam Al Quran. Palestina atau Negeri Syam pada zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam disebut sebagai Negera Syam, menjadi salah satu tempat terbaik untuk umat Islam.

Palestina juga disebut sebagai negeri yang diberkahi, karena di sinilah Allah Azza wa Jalla menyelamatkan Nabi Musa Alaihissallam dari kejaran Fir'aun setelah menyeberangi Laut Merah, dan saat ia menerima wahyu Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sebagaimana telah Okezone himpun, berikut ini beberapa hadits tentang negara Palestina, tanah pilihan Allah Subhanahu wa Ta'ala yang kini sedang dijajah Israel:

1. Penaklukan Baitul Maqdis

Dilansir Almanhaj.org, diterangkan bahwa di antara tanda-tanda kiamat adalah penaklukan Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsha di Yerusalem, Palestina. Dijelaskan dalam hadits 'Auf bin Malik Radhiyallahu anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

اعْدُدْ سِتًّا بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ… (فَذَكَرَ مِنْهَـا:) فَتْحُ بَيْتِ الْمَقْدِسِ.

"Ingatlah (wahai 'Auf) ada enam (tanda) sebelum datangnya hari kiamat ...'." (Lalu beliau menyebutkan salah satunya), "Penaklukan Baitul Maqdis." (HR Bukhari. Telah disebutkan takhrijnya)

Pada zaman 'Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu sempurnalah penaklukan Baitul Maqdis, tepatnya pada tahun 16 Hijriyah, sebagaimana disebutkan oleh para ahli sejarah. 'Umar Radhiyallahu anhu pergi mengadakan perdamaian dengan penduduknya dan menaklukkannya, membersihkannya dari kaum Yahudi dan Nasrani, dan membangun masjid di arah kiblat Baitul Maqdis. (Lihat al-Bidaayah wan Nihaayah (VII/55–56))

2. Asqalan wilayah terbaik di Palestina

Ahmad bin an Nadhr al 'Askari meriwayatkan kepada kami, dari Sa'id bin Hafshin an Nufaili, dari Musa bin A'yan, dari Ibnu Syihab, dari Fitri bin Kholifah, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

( أَوَّلُ هَذَا الْأَمْرِ نُبُوَّةٌ وَرَحْمَةٌ ، ثُمَّ يَكُونُ خِلَافَةً وَرَحْمَةً ، ثُمَّ يَكُونُ مُلْكًا وَرَحْمَةً ، ثُمَّ يَكُونُ إِمَارَةً وَرَحْمَةً ، ثُمَّ يَتَكادَمُونَ عَلَيْهِ تَكادُمَ الْحُمُرِ فَعَلَيْكُمْ بِالْجِهَادِ ، وَإِنَّ أَفْضَلَ جهادِكُمُ الرِّبَاطُ ، وَإِنَّ أَفْضَلَ رباطِكُمْ عَسْقَلَانُ )

"Awal urusan ini adalah kenabian dan rahmat, kemudian berikutnya kekhilafahan dan rahmat, kemudian berikutnya kerajaan dan rahmat, kemudian berikutnya pemerintahan dan rahmat, kemudian mereka saling merebutnya sebagaimana gigitan keledai, maka wajib bagi kalian untuk berjihad, dan sesungguhnya sebaik-baik jihad kalian adalah ribath (terikat dengannya), dan sebaik-baik ribath adalah di Asqalan." (HR Thabrani)

Kota Asqalan dan Gaza terletak di sebelah selatan Palestina. Asqalan dan Baitul Maqdis adalah kota "Baitu Jibrin" yang berjarak sekira perjalanan dua hari dengan Gaza, dan antara Baitu Jibrin dan Asqalan sejauh 32 kilometer.

(Baca Al Hayatul 'Ilmiyah fi Gaza dan 'Asqalan Mundzu Bidayatil Ashril Abbasi ilal Ghazwi Ash-Shalibi/halaman 2–5/Dr Zuhair Abdullah Sa'id Abu Rahmah)

3. Palestina tempat khilafah akhir zaman

Al Quds adalah ibu kota (pusat) Khilafah Islamiyah di akhir zaman. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah meletakkan tangan di atas kepala Abdullah bin Hawalah dan berkata:

يَا ابْنَ حَوَالَةَ إِذَا رَأَيْتَ الْخِلَافَةَ قَدْ نَزَلَتْ الْأَرْضَ الْمُقَدَّسَةَ فَقَدْ دَنَتْ الزَّلَازِلُ وَالْبَلَايَا وَالْأُمُورُ الْعِظَامُ وَالسَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ أَقْرَبُ إِلَى النَّاسِ مِنْ يَدَيَّ هَذِهِ مِنْ رَأْسِكَ

"Wahai Ibnu Hawalah, apabila engkau melihat khilafah telah turun di bumi yang suci, maka telah dekat keguncangan, kekacauan, dan sesuatu yang besar. Ketika itu kiamat lebih dekat kepada manusia daripada tanganku ini di kepalamu." (HR Abu Daud dan Ahmad)

4. Palestina tempat terbaik akhir zaman

Dari Muawiyah Radhiyallahu anhu berkata, aku mendengar Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَا يَزَالُ مِنْ أُمَّتِي أُمَّةٌ قَائِمَةٌ بِأَمْرِ اللَّهِ لَا يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ وَلَا مَنْ خَالَفَهُمْ حَتَّى يَأْتِيَهُمْ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ عَلَى ذَلِكَ

"Selalu ada dari umatku senantiasa yang menegakkan perintah Allah. Tidak dapat mencelakai mereka orang yang menghinanya dan juga orang yang menyelisihinya, hingga Allah datangkan kepada mereka perkaranya sedangkan mereka tetap kondisi seperti itu."

Dari Umar bin Khatab Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الحَقِّ، حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ

"Selalu akan ada kelompok dari umatku akan membela kebenaran hingga datang hari kiamat."

Dari Mugirah bin Syu'bah Radhiyallahu anhu berkata, aku mendengar Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَزَالَ قَوْمٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى النَّاسِ حَتَّى يَأْتِيَهُمْ أَمْرُ اللَّهِ

"Selalu aka ada umatku yang membela (kebenaran) di tengah manusia sampai datang keputusan Allah kepada mereka."

Dari Imran bin Husain Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي يُقَاتِلُونَ عَلَى الْحَقِّ ظَاهِرِينَ عَلَى مَنْ نَاوَأَهُمْ، حَتَّى يُقَاتِلَ آخِرُهُمُ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ

"Akan senantiasa ada kelompok dari umatku yang berperang dalam kebenaran. Mereka akan menang menghadapi orang yang memusuhinya. Sampai akhir dari mereka akan memerangai Al Masih Dajjal."

Demikian hadits-hadits tentang negara Palestina. Allahu a'lam. [yy/muhammad maulana/okezone]

top