<
pustaka.png
basmalah.png

Enam Hal Ini Bisa Menggerogoti Pahala Amal Baik

Enam Hal Ini Bisa Menggerogoti Pahala Amal Baik

Fiqhislam.com - Gus Baha mengungkap hal-hal yang bias menggerogoti atau menghilangkan pahala amal baik. Kaum Muslimin pun diimbau segera menjauhinya agar tidak menimbulkan kerugian.

Diketahui bahwa KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha ini sering memberi nasihat kepada jamaah supaya memperbanyak amal baik dan menegaskan hati-hati dalam bertindak agar jangan sampai melakukan perbuatan dosa.

Dikutip dari akun Instagram @gusbahaonline, berikut ini pesan Gus Baha terkait hal-hal yang bisa menggerogoti amal baik:

1. Al-istighlal bi’uyubil kholqi

Al-istighlal bi’uyubil kholqi adalah sibuk dengan aib orang lain sehingga lupa pada aib sendiri. Ini bagaikan kata pepatah "Semut di seberang kelihatan, sedang gajah di pelupuk mata tidak kelihatan".

2. Qaswatul qulub

Qaswatul qulub yaitu hati yang keras. Kerasnya hati terkadang lebih keras dari batu karang. Sulit menerima nasihat.

3. Hubbud dunya

Hubbud dunya yakni cinta mati terhadap dunia, merasa hidupnya hanya di dunia saja, maka segala aktivitasnya tertuju pada kenikmatan dunia sehingga lupa akan hari esok di akhirat.

4. Qillatul haya'

Qillatul haya' adalah sedikit rasa malunya. Jika seseorang telah kehilangan rasa malu maka akan melakukan apa saja tanpa takut dosa.

5. Thulul amal

Thulul amal atau panjang angan-angan. Ia merasa hidupnya masih lama di dunia ini sehingga enggan untuk taubat.

6. Dhulmun la yantahi

Dhulmun la yantahi merupakan kezaliman yang tidak pernah berhenti. Perbuatan maksiat ini biasanya membuat kecanduan pelakunya. Jika tidak segera taubat, maka sulit meninggalkannya.

Itulah 6 hal yang bisa menggerogoti pahala amal baik menurut Gus Baha. Wallahu a'lam bisshawab. [yy/hantoro/okezone]

 

top