<
pustaka.png
basmalah.png

Penjelasan Kenapa Adzan Shalat Jumat 2 Kali

Penjelasan Kenapa Adzan Shalat Jumat 2 Kali

Fiqhislam.com - Inilah alasan kenapa adzan Shalat Jumat 2 kali. Adzan adalah penanda masuknya waktu Shalat Jumat. Dinamakan juga alsa'yu yang artinya bergegas atau bersegera.

Terkait adzan Shalat Jumat sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Jumu'ah Ayat 9. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan Shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al Jumu'ah: 9)

Dikutip dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), menurut jumhur ulama bahwa bersegera itu setelah ada adzan berkumandang, sedangkan menurut Al Hanafiah makna bersegera itu adalah setelah adzan pertama dilaksanakan.

Keberadaan dua adzan itu dimulai sejak zaman Utsman bin Affan radhiyallahu anhu, alasannya karena manusia makin banyak, dan bertempat tinggal jauh dari masjid sehingga dibutuhkan dua kali adzan untuk mencapai penyegerahan Shalat Jumat.

Berdasarkan uraian Ibnu Qudamah al Maqdisi, dinukil dari kabar Imam Bukhari:

«كَانَ النِّدَاءُ إذَا صَعِدَ الْإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ، فَلَمَّا كَانَ عُثْمَانُ كَثُرَ النَّاسُ، فَزَادَ النِّدَاءَ رواه البخاري

"Pada zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, Abu bakar dan Umar, adzan itu setelah imam naik di mimbar, namun saat manusia menyebar banyak, maka adzan ditambah jadi dua kali."

Dalam kondisi saat ini, dengan berbagai kesibukan di berbagai tempat, maka fungsi adzan pertama adalah mengakjak manusia untuk hadir lebih awal sebelum dikumandangkan adzan pertama.

Sebab jika jamaah Shalat Jumat datang dan menuju ke masjid saat adzan di mana khatib sudah di mimbar untuk berkhutbah, maka kewajiban mendengarkan dan menyimak khutbah tidak terpenuhi.

Jika khutbah yang menjadi bagian dari proses ibadah Shalat Jumat rusak, maka dapat memengaruhi rusaknya Shalat Jumat.

Oleh karena itu, adzan dua kali adalah upaya menghindarkan manusia dari melalaikan prosesi ibadah Shalat Jumat, dan mengajak lebih awal masuk masjid. Wallahu a'lam bisshawab. [yy/hantoro/okezone]

 

top