<
pustaka.png
basmalah.png

Sosok Malaikat Muqarrabin yang Pernah Menolak Perintah Allah

Sosok Malaikat Muqarrabin yang Pernah Menolak Perintah Allah

Fiqhislam.com - Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang selalu patuh kepada-Nya. Jumlah malaikat sangat banyak, di antaranya ada Malaikat Muqorrobin.

Sosok Malaikat Muqorrobin ini dijelaskan dalam sebuah riwayat sebagaimana dinukil M. Syukron Maksum dalam buku Rahasia Shalawat Nabi. Diceritakan, saat Nabi Muhammad SAW didampingi Malaikat Jibril melakukan Isra Mi'raj, tiba-tiba ada sosok malaikat yang telah rontok dan bentuknya amat berbeda dengan kebanyakan malaikat lain.

Beliau pun terkejut dan bertanya pada Jibril, "Ya Jibril, siapa malaikat ini?"

Jibril menjawab, "Ia adalah malaikat yang termasuk dalam golongan Malaikat Muqorrobin," tegas Jibril. Malaikat Muqorrobin merupakan malaikat-malaikat yang sangat dekat dengan Allah SWT.

"Apa yang terjadi padanya?" tanya Rasulullah SAW.

Jibril pun terdiam sejenak, lalu Jibril pun bertutur, "Suatu saat, malaikat yang termasuk golongan Malaikat Muqorrobin itu diutus oleh Allah SWT untuk menghancurkan suatu kaum yang durhaka pada Allah SWT, namun ia menolaknya. Mendengar penolakannya itu Allah SWT pun murka. Hal itu berlangsung hingga empat ribu tahun lamanya."

Rasulullah SAW pun terenyuh mendengarnya. "Apakah tak ada taubat baginya, wahai Jibril?"

"Ada, Muhammad. Allah SWT telah mewahyukan padaku bahwa taubatnya akan diterima jika ia menyampaikan shalawat untukmu sebanyak sepuluh kali," ungkap Jibril.

Maka, malaikat itu pun bershalawat untuk Rasulullah SAW, tak lama kemudian malaikat itu kembali seperti semula, seperti saat sebelum dilaknat oleh Allah SWT. Allah SWT pun mengaruniai 70 ribu wajah di mana setiap wajah terdapat 70 ribu lisan dan 70 ribu tasbih.

Tidak hanya itu, tasbih-tasbih yang dilantunkan oleh lisan-lisan itu terciptalah malaikat, di mana malaikat-malaikat itu akan memohonkan ampunan Allah SWT untuk orang-orang yang bershalawat pada Rasulullah SAW.

Mengenai Malaikat Muqorrobin ini dijelaskan oleh M. Nasib ar-Rifa'i dalam Kemudahan dari Allah: Ringkasan Ibnu Katsir. Dikatakan, Allah SWT telah memberitahukan tentang para Malaikat Pemikul Arsy, Malaikat Muqorrobin. Dan, di sekelilingnya ada malaikat-malaikat yang bertasbih dengan memuji Tuhannya.

Mereka menggiringkan antara tasbih yang menunjukkan pada penetapan sifat-sifat yang terpuji. Allah SWT juga telah memerintahkan kepada para Malaikat Muqorrobin agar mendoakan orang-orang beriman tanpa diketahui oleh mereka.

Dalam Sahih Muslim diriwayatkan,

إِذَا دَعَا الْمُسْلِمُ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ قَالَ الْمَلَكُ آمين ولَكَ بِمِثْلِهِ

"Apabila seorang muslim mendoakan kepada saudaranya tanpa diketahui, maka malaikat akan mengatakan, 'Semoga Allah mengabulkan permohonanmu itu. Dan engkau pun akan mendapatkannya.'"

Syekh Shaduq dalam buku Tauhid: Hadits-Hadits Tematis tentang Akidah turut menjelaskan mengenai Malailat Muqorrobin dengan bersandar pada suatu riwayat dari Imam Ja'far bin Muhammad. Diceritakan bahwa ayahnya (Muhammad Baqir) berkata,

"Sesungguhnya Allah SWT memiliki ilmu khusus dan ilmu umum. Ilmu khusus adalah ilmu-Nya yang tidak Dia perlihatkan pada para Malaikat Muqorrobin-Nya (yang didekatkan) dan para nabi-Nya yang diutus. Adapun ilmu-Nya yang umum adalah ilmu-Nya yang Dia perlihatkan pada para Malaikat Muqorrobin-Nya (yang didekatkan) dan para nabi-Nya yang diutus, dan dari Rasulullah saw telah sampai pada kami." [yy/nilam isneni/detik]

 

top