<
pustaka.png
basmalah.png

7 Nasihat Indah Ibnu Qoyyim

tokoh islam ulama sufi

Fiqhislam.com - Imam Ibnul Jauzi rahimahullah merupakan ulama terkenal dengan keluasan ilmunya. Dalam ilmu hadits, beliau adalah seorang Hafiz.

Kunyahnya Abul Faraj dan nasabnya bersambung kepada Sayyidina Abu Bakar Shidiq radhiyallahu 'anhu. Ulama yang lahir di Kota Baghdad abad 5 Hijriyah ini sering dikira Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah karena memiliki nama yang sama.

Ibnul Jauzi hidup sampai usia 89 tahun dan telah meninggalkan karya tulis sebanyak 500 kitab. Selain karyanya yang sangat banyak, beliau berjasa telah mengislamkan begitu banyak orang. Cucunya mengatakan, bahwa kakeknya (Ibnu Jauzi) pernah berkata kepadanya: "Telah bertaubat lewat perantara diriku 100.000 orang dan yang masuk Islam 20.000 orang."

Diantara keistimewaan Ibnul Jauzi adalah kemampuannya menyampaikan nasihat yang sangat menyentuh dalam kalimat indah yang tersusun rapi.

Bahkan seorang ulama kontemporer Syaikh Thantahwi pernaha berkata: "Aku telah membaca lebih dari 70 tahun, namun aku belum pernah menemukan kata bijak paling indah seperti apa yang dikatakan oleh Ibnul Jauzi rahimahullah berikut ini:

1. Rahasia dan Hikmah Ketaatan

إن مشقة الطاعة تذهب ويبقى ثوابها، وإن لذة المعاصي تذهب ويبقى عقابها

"Sesungguhnya keletihan karena melakukan ketaatan akan hilang, dan tinggallah pahalanya. Dan kenikmatan melakukan maksiat akan hilang dan tinggallah hukumannya."

2. Teruslah Berdoa di Kegelapan Malam

كُن مع الله ولا تُبالي، ومُدّ يديك إليه في ظُلُمات اللّيالي، وقُل: يا رب ما طابت الدّنيا إلاّ بذكرك، ولا الآخرة إلاّ بعفوك، ولا الجنّة إلاّ برُؤيتك

"Teruslah bersama Allah dan jangan pedulikan (apa kata orang). Tengadahkan tanganmu kepada-Nya di kegelapan malam, sambil berdoa: Ya Rabb, Dunia ini takkan indah kecuali dengan mengingat-Mu. Akhirat takkan indah kecuali dengan ampunan-Mu. Dan surgapun takkan indah kecuali dengan melihat wajah-Mu."

3. Lakukan Kebaikan Walau Engkau Menganggapnya Sepele

صافح وسامح ودع الخلق للخالق فنحن وهم راحلون، افعل الخير مهما استصغرته، فإنك لا تدري أي حسنة تدخلك الجنة.

"Lapangkan dadamu. Maafkan (orang yang bersalah padamu). Biarkan (urusan) makhluk untuk sang Khaliq, karena kita dan mereka akan pergi (meninggalkan dunia). Lakukanlah kebaikan walau engkau menganggapnya sepele, karena sesungguhnya engkau tidak tahu kebaikan mana yang akan memasukkanmu ke dalam surga."

4. Senantiasa Mempersiapkan Bekal

‌الواجب ‌على ‌العاقل ‌أخذ ‌العدة ‌لرحيله؛ ‌فإنه ‌لا ‌يعلم ‌متى ‌يفجؤه ‌أمر ‌ربه ‌ولا ‌يدري ‌متى ‌يستدعى

"Sudah seharusnya bagi orang yang berakal untuk senantiasa mempersiapkan bekal kepulangannya. Karena ia tidak mengetahui kapan datangnya keputusan Tuhannya untuk dirinya dan kapan ia akan dipanggil."

5. Jangan Tertipu Angan-angan Panjang

وإني رأيت خلقاً كثيراً غرهم الشباب، ونسوا فقد الأقران، وألهمهم طول الأمل

"Aku melihat begitu banyak orang yang tertipu oleh usianya yang masih muda, dia lupa hilangnya sebagian teman dekatnya (yang bisa mati di usia muda). Dan mereka ini tertipu oleh angan-angan yang panjang."

6. Pentingnya Menjaga Diri

رأيت كثيرًا من الناس يتحرزون من رشاش نجاسة ولا يتحاشون من غيبة ويكثرون من الصدقة ولا يبالون بمعاملات الربا و يتهجدون بالليل ويؤخرون الفريضة عن الوقت

"Aku melihat ada banyak orang yang begitu berhati-hati dari cipratan najis, namun mereka tidak menjaga mulut dari ghibah; mereka banyak bersedekah namun seakan tidak peduli dengan riba dalam keseharian mereka; mereka bertahajud di malam hari namun mereka mengakhirkan perkara fardhu dari waktunya."

7. Berusahalah Mengamalkan Ilmu

لقيت مشايخ، أحوالهم مختلفة، يتفاوتون في مقاديرهم في العلم، وكان ‌أنفعهم لي في صحبته العامل منهم بعلمه، وإن كان غيره أعلم منه

"Aku bertemu dengan banyak ulama. tingkatan keilmuan dan keadaan mereka berbeda-beda. Namun yang paling bermanfaat dari mereka bagiku adalah yang mengamalkan ilmunya, walaupun yang lain lebih berilmu darinya."

Demikian beberapa nasihat indah Imam Ibnul Jauzi yang sangat menyentuh. Semoga bermanfaat. [yy/rusman h siregar/sindonews]

Referensi: 1. Siyar A'lam Nubala (21/370) 2. Shaidul Khatir 3. Ibid

 

top