14 Rajab 1444  |  Minggu 05 Februari 2023

basmalah.png

Hikmah Beriman kepada Hari Akhir

Hikmah Beriman kepada Hari Akhir

Fiqhislam.com - Orang mukmin meyakini adanya hari akhir, di mana kehidupan dunia memiliki batas waktu yang ditandai dengan kehancuran alam semesta beserta isinya. Kemudian manusia akan dibangkitkan dan melewati beberapa fase untuk menuju tujuan akhir sebenarnya, yakni surga dan neraka.

Keyakinan akan hari akhir termasuk dalam enam rukun iman yang menjadi dasar seorang dinyatakan mukmin. Dikatakan bahwa iman yang dimiliki hamba-hamba-Nya tak akan sah dan sempurna bila tak memercayai enam rukunnya, termasuk iman kepada hari akhir.

Dalil yang menjadi bukti bahwa hari akhir benar adanya adalah sejumlah kalam Allah SWT dalam Al-Qur'an, di antaranya adalah Surah Hajj ayat 7:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Wa annas-sā'ata ātiyatul lā raiba fīhā wa annallāha yab'aṡu man fil-qubụr

Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.

Syaikh Abu Bakar Jabar Al-Jazairi dalam Minhajul Muslim menerangkan, sebelum datangnya hari akhir akan ada tanda-tandanya terlebih dahulu, seperti kemunculan dajjal serta ya'juj dan ma'juj, turunnya Nabi Isa AS untuk membunuh dajjal, terbitnya matahari dari arah barat, angin sejuk yang merenggut nyawa orang beriman, dan lainnya.

Setelah kiamat terjadi, seluruh umat manusia akan dibangunkan dari alam kuburnya dan dikumpulkan untuk penghitungan amalan mereka. Allah SWT akan memberi balasan surga bagi orang yang berat timbangan kebajikannya. Begitu pun sebaliknya, neraka diperuntukkan bagi mereka yang ringan amal baiknya dan berat amal buruknya.

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

Berimannya seseorang terhadap hari yang kelak akan datang, ada sejumlah pelajaran yang bisa diambil dan direnungkan seperti yang dilansir buku Aqidah Akhlak oleh Taofik Yusmansyah:

1. Meningkatkan takwa kepada Allah SWT. Dengan keyakinan akan hari akhir, membuat manusia akan sadar sehingga mengerjakan yang apa diperintah oleh-Nya dan menjauhi hal yang dilarang-Nya pula.

2. Orang mukmin yang yakin dengan hari akhir juga percaya bahwa seluruh perbuatan yang dilakukan di dunia akan dimintai pertanggungjawabannya, untuk itu mereka lebih menjaga diri agar tak tergelincir hal-hal dosa dengan memperbanyak amal ibadah agar mendapatkan balasan kebaikan di akhirat nanti yakni surga Allah.

3. Tidak terlena dengan kehidupan dunia yang hanya sementara, sehingga memfokuskan diri untuk istiqamah dalam beribadah yang juga mempersiapkan bekal di akhirat. [yy/azkia nurfajrina/detik]