16 Rajab 1444  |  Selasa 07 Februari 2023

basmalah.png

11 Perbuatan Durhaka Anak Kepada Orangtua

11 Perbuatan Durhaka Anak Kepada Orangtua

Fiqhislam.com - Perbuatan yang buruk tentu akan diganjar dengan keburukan pula. Demikian pula yang terjadi ketika anak berbuat durhaka kepada kedua orang tua. Bisa jadi kunci masuk neraka. Naudzubillah.

Agama Islam membawa ajaran yang penuh cinta dan kasih sayang. Termasuk kasih sayang seorang anak kepada orang tuanya yang menjadi kewajiban umat muslim. Ketika seorang anak melakukan durkaha kepada orang tua maka murka Allah SWT akan datang padanya.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 23-24:

Surat Al-Isra ayat 23:

۞ وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Wa qaḍā rabbuka allā ta'budū illā iyyāhu wa bil-wālidaini iḥsānā, immā yabluganna 'indakal-kibara aḥaduhumā au kilāhumā fa lā taqul lahumā uffiw wa lā tan-har-humā wa qul lahumā qaulang karīmā

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia."

Surat Al-Isra Ayat 24

وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Arab-Latin: Wakhfiḍ lahumā janāḥaż-żulli minar-raḥmati wa qur rabbir-ḥam-humā kamā rabbayānī ṣagīrā

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: 'Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil'".

Perbuatan Durhaka Anak Terhadap Orang Tua

Al Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab Al Fath bab Uququl Walidain, menjelaskan maksud uququl walidaini adalah apa saja yang dapat menyakiti kedua orang tua yang dilakukan anaknya. Perkara ini meliputi perbuatan dan perkataan (kecuali perbuatan syirik atau melakukan maksiat yang tidak ditentukan sebagai dosa kepada orang tua.)

Hubungan antara orang tua dan anak terkadang tidak selalu berjalan mulus. Ada saja konflik yang menyebabkan renggangnya hubungan orang tua dan anak. Namun sebaiknya, masing-masing saling introspeksi diri agar tidak merugikan di dunia maupun di akhirat.

Mengutip buku Keajaiban Doa & Ridho Ibu oleh Mutia Mutmainnah, ada 11 perbuatan yang termasuk durhaka kepada orang tua:

1. Menyakiti fisik
2. Menyakiti perasaannya
3. Berkata 'Ah' dan mengeraskan suara
4. Membicarakan keburukan orang tua
5. Mencaci atau menjadi sebab dicaci orang
6. Membelalakkan mata
7. Bakhil
8. Sangat membebani
9. Tidak peduli dan menjauhi orang tua
10. Tidak mengakui orang tua
11. Berlaku zalim kepada orang tua

Diriwayatkan sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa membuat kesedihan hati ibu dan ayahnya, maka dia telah durhaka kepada keduanya," (HR. Thabrani dari Ja'far bin Muhammad As Sholah).

Hindari melakukan perbuatan yang melukai hati orang tua. Bagaimanapun juga, doa orang tua termasuk dalam doa yang diijabah Allah SWT, sebagaimana hadits Rasulullah SAW: "Tiga orang yang tidak akan tertolak (doanya), yaitu: doa orang tua bagi anaknya, doa orang yang berpuasa, dan doa musafir." (HR Al-Baihaqy). [yy/devi setya/detik]