<
pustaka.png
basmalah.png

Keutamaan Istighfar: 26 Manfaat di Dunia dan Akhirat

Keutamaan Istighfar: 26 Manfaat di Dunia dan Akhirat

Fiqhislam.com - Istighfar merupakan amalan penting, sehingga umat Islam dianjurkan untuk mengamalkannya dan bertaubat kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW sendiri yang sudah dijamin masuk surga, juga beristighfar tidak kurang dari 70 kali dalam hari. Dalam Al Quran Allah SWT juga berjanji bagi mereka yang senantiasa beristighfar kepada-Nya:

وَّاَنِ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَّتَاعًا حَسَنًا اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى وَّيُؤْتِ كُلَّ ذِيْ فَضْلٍ فَضْلَهٗ ۗوَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنِّيْٓ اَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيْرٍ

Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan. Dan Dia akan memberikan karunia-Nya kepada setiap orang yang berbuat baik. Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (Kiamat).” (QS Hud ayat 3)

Sangat banyak keutamaan dari beristighfar atau momohon ampun kepada Allah. Dalam buku “Hikayat Keajaiban Istighfar dan Shalawat Nabi” terbitan Republika Penerbit, Fuad Abdurahman mengungkapkan bahwa setidaknya ada 26 keutamaan istighfar dan taubat yang telah diuraikan para ulama.

1. Menggembirakan Allah Swt

اللَّهُ أَفْرَحُ بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ سَقَطَ عَلَى بَعِيرِهِ ، وَقَدْ أَضَلَّهُ فِى أَرْضِ فَلاَةٍ

Sungguh, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan untanya yang hilang di padang pasir.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Dicintai Allah SWT

Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Sesungguhnya, Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencinta orang-orang yang menyucikan diri.” (QS Al Baqarah ayat 222).

3. Dosa-dosanya Diampuni

Imam Qatadah berkata, “Al Quran telah menunjukkan penyakit dan obat kalian. Adapun penyakit kalian adalah dosa, dan obat kalian adalah istighfar.”

4. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

وَعَنْ أبِي هُرَيرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: وَاللهِ إَنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِليهِ فِي اليَومِ أَكثَرَ مِنْ سَبعِينَ مَرَّةً

Abu Hurairah berkata, “Saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Demi Allah, sungguh, aku minta ampun kepada Allah (istighfar) dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dan 70 kali.” (HR Bukhari).

 

5. Selamat Dari Api Neraka

6. Mendapat Balasan Surga

7. Mengecawakan Setan

8. Membuat Setan Putus Asa

9. Menolak Bencana Dan Meredam Azab

10. Mengusir Kesedihan Dan Melapangkan Kesempitan.

 

مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Barang siapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah).

11. Melancarkan Rezeki

ﻭَﺇِﻥَّ اﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻟَﻴُﺤْﺮَﻡُ اﻟﺮِّﺯْﻕَ ﺑِﺎﻟﺬَّﻧْﺐِ ﻳﺼﻴﺒﻪ

Sesungguhnya seorang hamba bisa tertahan rezekinya karena dosa yang dilakukannya.” (HR Ahmad, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban). Karena itu, umat Islam bisa memperbanyak istighfar untuk menghapus dosa-dosa itu, sehinggga rezekinya pun menjadi lancar.

 

12. Membersihkan Hati

13. Diangkat Derajatnya Di Surga

14. Menjadi Sebaik-baik Orang Yang Bersalah

 

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُوْنَ

Setiap anak Adam pernah bersalah, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah yang bertaubat.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim).

 

15. Termasuk Hamba Allah Yang Sejati

16. Terhindar Dari Cap Kezaliman

 

وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Dan barang siapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS Al Hujurat ayat 11).

17. Mudah Mendapatkan Anak

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu’. (QS Nuh ayat 10-12).

 

18. Mudah Mendapatkan Hujan

19. Menambah Kekuatan

20. Menjadi Orang Yang Beruntung

21. Keburukannya Diganti Dengan Kebaikan

 

إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Kecuali orang-orang yang bertaubat dan beriman dan mengerjakan kebajikan; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Allah Mahapengampun, Mahapenyayang.” (QS Al Furqan ayat 70).

 

22. Menegaskan Sebagai Orang Mukmin

23. Termasuk Orang Bijak

24. Penyebab Turunnya Rahmat Allah SWT

25. Menghindarkan Godaan

 

إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

Adakalanya hatiku tergoda oleh sesuatu, sehingga aku beristighfar kepada Allah SWT sebanyak 100 kali seharinya.” (HR Ar-Tirmidzi).

26. Memelihara Lisan

[yy/muhyiddin/republika]

 

top