10 Rajab 1444  |  Rabu 01 Februari 2023

basmalah.png

Ujian di Alam Kubur, Bisa Jadi Taman Surga Atau Lubang Neraka

Ujian di Alam Kubur, Bisa Jadi Taman Surga Atau Lubang Neraka

Fiqhislam.com - Alam kubur merupakan sekat antara alam dunia dan kehidupan akhirat. Alam kubur disebut juga Barzakh yang diartikan sebagai pintu gerbang pertama menuju Akhirat.

Apabila seseorang selamat di alam kubur maka setelahnya akan lebih mudah bagi dia. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengingatkan manusia tentang fitnah kubur. "Wahai manusia, berlindunglah kalian dari siksa (azab) kubur, sesungguhnya azab kubur itu benar adanya." (HR Ahmad)

Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah, Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menukil Hadis dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu bahwa ia berkata: " Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke tempat sholatnya. Kemudian beliau melihat orang-orang tengah banyak berbicara. Beliau pun bersabda yang artinya:

"Ingatlah! Sesungguhnya andai kalian banyak mengingat kematian niscaya kalian tidak akan banyak berbicara. Oleh karena itu perbanyaklah mengingat kematian karena sesungguhnya tiada hari yang dilewati kuburan kecuali kuburan itu akan mengatakan 6 (enam) kalimat, yaitu:
1. Aku adalah tempat pengasingan
2. Aku adalah tempat kesendirian
3. Aku adalah tempat kegelisahan
4. Aku adalah tempat kegelapan
5. Aku adalah tempat dari tanah
6. Aku adalah tempat belatung.

Ucapan Kuburan kepada Orang Mukmin

Mukmin artinya orang yang benar-benar beriman kepada Allah. Mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu ciri orang mukmin adalah apabila disebut nama Allah bergetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambah iman mereka.

Disebutkan, ketika seorang mukmin dikubur, maka kuburan akan berkata kepadanya: "Semoga kelapangan untukmu! Aku menganggapmu sebagai keluargaku sendiri! Semoga kemudahan ditetapkan untukmu! Sesungguhnya kamu adalah orang yang paling aku cintai yang berjalan di atasku. Ketika aku berkuasa atasmu hari ini dan kamu berada di dalamku maka kamu akan melihat perlakuanku terhadapmu. Kemudian kuburan meluas karenanya seluas pandangan mata dan dibukakan baginya pintu surga."

Ucapan Kuburan kepada Hamba Kafir

Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menyebutkan, ketika hamba kafir dikubur, maka kuburan akan berkata kepadanya: "Semoga kelapangan tidak untukmu! Aku tidak menganggapmu sebagai keluargaku sendiri! Semoga kemudahan tidak ditetapkan untukmu! Sesungguhnya kamu adalah orang yang paling aku benci yang berjalan di atasku. Ketika aku berkuasa atasmu dan kamu berada di dalamku maka kamu akan melihat perlakuanku terhadapmu. Kemudian kuburan menjepitnya hingga tulang-tulang rusuknya hancur. (sambil Rasulullah SAW memberi isyarat dengan memasukkan jari-jari tangan satunya ke jari-jari tangan lainnya)."

Kemudian Allah menyiapkan untuknya 70 ular besar yang andai satu ular saja dari mereka menyembur di bumi maka bumi tidak bisa menumbuhkan tanaman apapun selama dunia ada. Kemudian ular-ular itu menggigit menyobek-nyobeknya sampai datangnya masa penghitungan amal (hari Kiamat)." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kuburan itu bisa jadi sebuah taman dari taman-taman surga atau sebuah lubang dari lubang-lubang neraka."

5 Golongan yang Terbebas dari Azab Kubur

Beberapa riwayat Hadis menyebutkan setidaknya ada lima golongan manusia yang terbebas dari siksa kubur, yaitu:
1. Orang yang Syahid di Jalan Allah.
2. Orang yang Ribath (berjaga dan siaga di perbatasan) di jalan Allah.
3. Orang yang meninggal dunia pada hari Jumat.
4. Orang yang meninggal dunia karena sakit perut
5. Orang yang Hafal Surat Al-Mulk dan istiqamah membacanya.

Semoga Allah dengan rahmat-Nya berkenan menyelamatkan kita di alam kubur dan saat hari penghisaban di Akhirat. Aamiin. [yy/rusman h siregar/sindonews]