11 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 07 Oktober 2022

basmalah.png

Rasulullah Saw Ajarkan Para Sahabat untuk Meminta Syafaat

Rasulullah Saw Ajarkan Para Sahabat untuk Meminta Syafaat

Fiqhislam.com - Umat Islam dapat meminta syafaat Rasulullah Saw dari Allah Ta'ala. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

قُلْ لِّلّٰهِ الشَّفَاعَةُ جَمِيْعًا...

"Katakanlah: 'Hanya kepunyaan Allah syafaat itu semuanya..." (QS Az Zumar ayat 44)

Dikutip dari buku Ambilah Aqidahmu dari Alquran dan As-Sunnah yang Shahih yang dipahami Sahabat radhiyallahu 'anhum, Nabi Saw mengajarkan para sahabat radhiyallahu ‘anhum untuk mengucapkan "Ya Allah! Jadikanlah dia yaitu Nabi shallallahu alaihi wa sallam sebagai orang yang mensyafaatiku." (HR At-Tirmidzi). Dan beliau shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda:

وإني اختبأت دعوتي شفاعة يوم القيامة من مات من أمتي لا يشر ك بالله شيئا

"Sesungguhnya aku menyimpan doa aku sebagai di hari kiamat bagi orang yang mati di antara umatku yang tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu pun." (HR Muslim).

Umat Islam juga dapat meminta syafaat dari orang yang masih hidup dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dunia ini. Allah Ta'ala berfirman:

مَنْ يَّشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً يَّكُنْ لَّهٗ نَصِيْبٌ مِّنْهَا ۚ وَمَنْ يَّشْفَعْ شَفَاعَةً سَيِّئَةً يَّكُنْ لَّهٗ كِفْلٌ مِّنْهَا ۗ ...

"Barangsiapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang baik (melindungi hak seorang Muslim), niscaya dia akan memperoleh bagian dari (pahala)nya. Dan barangsiapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang buruk, niscaya dia akan memikul bagian dari (dosa)nya..." (QS An Nisaa ayat 85). [yy/Rossi Handayani/republika]