14 Muharram 1444  |  Jumat 12 Agustus 2022

basmalah.png

Kebinasaan Dunia dan Akhirat bagi Peminum Khamer

Kebinasaan Dunia dan Akhirat bagi Peminum Khamer

Fiqhislam.com - Meminum minuman yang memabukan atau khamer hukumnya haram. Dan sejatinya meminum khamer akan mendatangkan kehancuran baik di dunia maupun akhirat.

Orang-orang yang suka minum khamer akan terjerumus dalam jurang kemiskinan, bahkan karena pengaruh khamer akan membuatnya semakin dalam pada perbuatan maksiat lainnya seperti mencuri, berzina, membunuh dan lainnya.

Sementara di akhirat orang-orang yang meminum khamer akan mendapatkan siksa yang sangat berat. Berikut enam hal yang akan menimpa orang-orang peminum khamer sebagaimana dirangkum dalam beberapa hadits yang dinukil dari kitab At Targhib wat Tarhib.

1. Air Panas Api Neraka Bagi Peminum Khamer

Orang yang suka meminum khamer dan tidak tobat dengan sungguh-sungguh hingga ajal menjemputnya maka telah disediakan oleh Allah minuman berupa air yang sangat panas dari neraka. Sebagaimana hadits:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَسَقَاهُ اللَّهُ مِنْ حَمِيْمِ جَهَنَّمَ

Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa minum khamer maka Allah akam memberikan minuman dari air panas neraka jahanam. (HR. Bazzar)

2. Peminum khamer Diberikan Keringatnya Ahli Neraka

Kelak peminum khamer akan dimasukan ke dalam neraka. Dan di dalamnya Allah SWT menyuguhkan Thiynatul Khobal yakni keringatnya para ahli neraka. Sebagaimana hadits:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ مُسْكِرٍحَرَامٌ, وَاِنَّ عِنْدَاللَّهِ عَهْدًالِمَنْ يَشْرَبُ الْمُسْكِرَأَنْ يَسْقِيَهُ اللَّهُ مِنْ طِيْنَةِ الْخَبَالِ قَالُوْا: يَارَسُوْلَ اللَّهِ ,وَمَاطِيْنَةُ الْخَبَالِ؟ قَالَ :عَرَقُ أَهْلِ النَّارِ أَوْعُصَارَةُ أَهْلِ النَّاِر.

Rasulullah Saw bersabda: Setiap minuman yang memabukan itu haram. Dan di sisi Allah itu ada perjanjian bagi orang yang minum minuman memabukan. Yaitu Allah akan memberikannya minuman Thiynatul Khobal. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah apakah itu Thiynatul Khobal. Lalu Rasulullah bersabda: yaitu keringatnya ahli neraka atau perasaannya ahli neraka. (HR. Muslim dan Nasai)

3. Khamer Menjerumuskan Pada Kejahatan

Sudah banyak kasus kejahatan yang terjadi dilatarbelakangi karena pelakunya mengkonsumsi khamer. Mulai dari berbuat zina, berkelahi, membunuh, mencuri, berjudi dan lain sebagainya. Itu sebabnya seseorang yang senang meminum khamer sejatinya besar kemungkinannya untuk melakukan kejahatan atau kemaksiatan lainnya. Sebagaimana sabda nabi:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِجْتَنِبُواالْخَمْرَفَاِنَّهَامِفْتَاحُ كُلِّ شَرٍّ.

Rasulullah Saw bersabda: Jauhilah kalian semua khamer, karena khamer itu kunci segala kejahatan. (HR. Hakim)

4. Allah Melaknat Setiap Orang yang Terlibat dalam Mengkonsumsi khamer

Allah melaknat orang-orang yang terlibat yang dalam proses pembuatan khamer, yang menjualnya, yang meminumnya hingga yang menyuguhkannya. Sebagaimana hadits:

وَعَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : لَعَنَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى الْخَمْرِعَشْرَةً :عَاصِرَهَاوَمُعْتَصِرَهَا وَشَارِبَهَاوَحَامِلَهَا وَالْمَحْمُوْلَةَ اِلَيْهِ وَسَاقِيَهَاوَبَائِعَهَاوَاَكِلَ ثَمَنِهَا وَالْمُشْتَرِىَ لَهَا وَالْمُشْتَرَى لَهُ.

Anas bin Malik Radhiyallahu Anha berkata: Rasulullah Saw melaknat khamer bagi sepuluh orang yaitu, orang yang memeras (yang membuat khamer), yang minta atau menerima diperaskan khamer (minta dibuatkan), yang meminum khamer, yang membawa atau mengantarkan khamer, orang yang diantarkan khamer, yang memberikan khamer, yang menjual khamer, yang makan dari uang khamer, yang membeli khamer, dan orang yang dibelikan khamer. (HR. Ibnu Majah dan Turmudzi).

5. Minuman dari sungai Ghuwathah

Orang yang minum khamer dan tidak mau bertaubat telah disiapkan juga minuman di neraka dari sungai Ghuwathah. Yakni sungai yang airnya mengalir dari kemaluannya para pezina.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ثَلَاثَةٌ لَا يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِوَقَاطِعُ الرَّحِمِ وَمُصَدِّقٌ بِالسِّحْرِ وَمَنْ مَاتَ مُدْمِنَ الْخَمْرِ سَقَاهُ اللَّهُ جَلَّ وَعَلَا مِنْ نَهْرِالْغُوْطَةِ قِيْلَ وَمَانَهْرُ الْغُوَطَةِ ؟ قَالَ: نَهْرٌ يَجْرِىْ مِنْ فُرُوْجِ الْمُوْمِسَاتِ يُؤْذِىْ أَهْلَ النَّارِرِيْحُ فُرُوْجِهِمْ.

Rasulullah Saw bersabda: Tiga golongan tidak akan masuk surga. Orang yang kecanduan minum khamer, orang yang memutuskan tali persaudaraan, orang yang membenarkan sihir. Dan barangsiapa mati dalam keadaan kecanduan minum khamer, maka Allah Azza wa Jalla memberi minum dia dari sungai Ghuwathah. Sahabat bertanya: Apakah sungai ghuwathah itu? Rasulullah bersabda: Sungai yang mengalir dari kemaluannya orang-orang yang berzina, yang menyakitkan penghuni neraka bau kemaluan mereka itu. (HR. Ahmad dan Abu Ya’la)

6. Kehancuran suatu kaum karena bebasnya minuman khamer

Salah satu yang menjadi sebab kehancuran suatu kaum atau bangsa adalah ketika membiarkan orang-orangnya mengkonsumsi khamer. Sebagaimana sabda nabi

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَااسْتَحَلَّتْ أُمَّتِى خَمْسًافَعَلَيْهِمُ الدَّمَارُ, اِذَاظَهَرَالتَّلَا عُنُ وَشَرِبُواالْخُمُوْرَ وَلَبِسُواالْحَرِيْرَ وَاتَّخَذُوالْقِيَانَ وَاكْتَفَى الرِّجَالُ بِالرِّجَالِ وَالنِّسَاءُباِلنِّسَاءِ.

Rasulullah Saw bersabda: Apabila umatku telah menghalalkan lima perkara maka wajib atas mereka kebinasaan. Yaitu apabila telah muncul saling laknat-melaknati, mereka telah meminum berbagai khamer, telah memakai sutera, telah mendatangkan biduan, dan laki-laki merasa cukup dengan laki-laki (gay) dan wanita dengan wanita (lesbian). (HR. Baihaqi). [yy/Andrian Saputra/republika]