8 Jumadil-Awwal 1444  |  Jumat 02 Desember 2022

basmalah.png

Berapa Jumlah Malaikat yang Menyertai Manusia?

Berapa Jumlah Malaikat yang Menyertai Manusia?

Fiqhislam.com - Meyakini keberadaan Malaikat merupakan salah satu rukun Iman. Para Malaikat ini bermacam-macam baik keadaan, tugas, dan bentuk rupa mereka.

Mereka tidak pernah bermaksiat atau menentang Allah. Apa yang Allah perintahkan, mereka selalu melaksanakannya. Para Malaikat adalah hamba dari sekian banyak hamba Allah yang dimuliakan dengan kesucian dari dosa-dosa, tidak mendahului terhadap izin Allah dengan sebuah perkataan.

Dalam Kitab Qatrul Ghaits (cahaya iman) karya Syekh Nawawi Al-Bantani dijelaskan jumlah Malaikat yang menyertai manusia. Hafadhah (para penjaga) Muhammad Khalil mengatakan, telah diceritakan bahwasannya Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhi bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam : "Berapa jumlah para Malaikat yang ada pada manusia? Rasulullah menjawab: "Dua puluh Malaikat, sebagian dari mereka adalah satu Malaikat dari sebelah kananmu terhadap kebaikan-kebaikanmu, dia adalah yang menjadi pemimpin terhadap yang sebelah kirimu.

Jika kamu melakukan keburukan maka Malaikat sebelah kiri berkata pada yang dari sebelah kanan: "Apakah akan aku tulis?" Yang dari sebelah kanan menjawab: "Jangan, siapa tahu ia akan bertaubat."

Lalu yang sebelah kiri bertanya lagi, "Apabila tidak bertaubat?" Yang dari sebelah kanan menjawab: "Iya, tulislah, semoga Allah menyenangkan pada kita dari itu". Nama Malaikat sebelah kananmu adalah Raqib, dialah yang menulis amal kebaikan.

Sedangkan sebelah kiri adalah 'Atid, dialah yang menulis amal keburukan. Dua Malaikat yang berada di hadapan dan di belakangmu, satu Malaikat yang memegang terhadap nashiyah-mu (kening), apabila kamu tawadu’ terhadap Allah maka ia akan mengangkatmu. Jika kamu sombong terhadap Allah maka ia akan menghancurkanmu.

Dua Malaikat pada kedua bibirmu, mereka tidak mengingatkan padamu kecuali untuk bersholawat pada Nabi Muhammad. Satu Malaikat pada mulutmu yang tidak akan membiarkan ular atau serangga masuk kedalam mulutmu. Dan dua Malaikat pada kedua belah matamu.

Disebutkan bahwa nama mereka adalah Syawiyyah (شَوِيَّة). Mereka inilah sepuluh Malaikat yang ada pada diri manusia. Lalu Malaikat malam akan turun menggantikan Malaikat yang bertugas di siang hari. Mereka-mereka inilah (Malaikat malam dan Malaikat siang) berjumlah 20 Malaikat yang berada pada diri manusia.

Katabah (para sekretaris), merekalah para Malaikat yang menghapus dari Lauhul Mahfuzh. Mereka adalah para Malaikat mulia yang menjadi sekretaris. Sebagian dari mereka ada yang memiliki beberapa sayap, yaitu: tiap-tiap satu dari mereka ada yang memiliki dua sayap-dua sayap. Ada yang memiliki tiga sayap-tiga sayap. Dan sebagian yang lain ada yang memiliki empat sayap-empat sayap.

Allah menambahkan dalam penciptaan sayap-sayap pada selain bagian-bagian tadi, menurut kehendak dan kebijaksanaan-Nya. Wallahu A'lam. [yy/Rusman H Siregar/sindonews]