12 Muharram 1444  |  Rabu 10 Agustus 2022

basmalah.png

Melakukan Amal Kebajikan tidak Menjadi Beban bagi Orang Beriman

Melakukan Amal Kebajikan tidak Menjadi Beban bagi Orang Beriman

Fiqhislam.com - Alquran menerangkan Allah tidak akan membebani seseorang di luar batas kemampuannya menanggung beban tersebut. Maka orang-orang beriman akan melakukan amal kebaikan tanpa merasa terbebani, sehingga mereka mendapatkan ganjaran surga dari Allah. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-A'raf Ayat 42 dan tafsirnya.

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَآ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ الْجَنَّةِۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

"Dan orang-orang yang beriman serta mengerjakan kebajikan, Kami tidak akan membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya. Mereka itulah penghuni surga; mereka kekal di dalamnya." (QS Al-A'raf: 42).

Pada ayat ini, Allah menerangkan tentang amal saleh serta ganjaran bagi orang yang melakukannya. Adapun orang-orang yang beriman, membenarkan Allah dan Rasul-Nya, meyakini kebenaran wahyu yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, serta mengerjakan kebajikan dengan begitu ringannya dan tidak merasa terbebani.

Sebab, Allah sedikit pun tidak akan membebani seseorang untuk melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya melainkan menurut kadar kesanggupannya. Mereka itu orang-orang yang beriman dan membuktikan keimanannya dengan melakukan amal kebajikan tanpa merasa terbebani, itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.

Dalam Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan bahwa orang-orang yang beriman dan beramal saleh sesuai dengan kesanggupannya akan menjadi penghuni surga. Hal ini sebagai balasan mereka mengimani Allah dan membenarkan kerasulan Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan wahyu dan ajaran agama.

Mereka dengan penuh ketaatan mengerjakan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, mereka tidak akan dikeluarkan dari surga dan segala kenikmatan yang ada tidak akan dicabut untuk selama-lamanya.

Allah tidak akan memikulkan kewajiban kepada seseorang melainkan sesuai kesanggupannya. Semua perintah dan larangan Allah, tidak berat dan tidak pula memberatkan. Amal saleh yang akan menjadikan seseorang sebagai penghuni surga adalah mudah, tidak sulit, dan tidak susah.

Agama Islam adalah agama yang mudah dikerjakan, bukan agama yang berat. Mudah dikerjakan oleh laki-laki, perempuan, tua, muda, dan orang sehat, orang sakit, bahkan mudah dikerjakan oleh semua lapisan masyarakat, kapanpun di manapun mereka berada. [yy/Fuji E Permana/republika]