15 Jumadil-Awwal 1444  |  Jumat 09 Desember 2022

basmalah.png

Keutamaan Orang Berilmu, Allah Tinggikan Derajatnya

Keutamaan Orang Berilmu, Allah Tinggikan Derajatnya

Fiqhislam.com - Menuntut ilmu itu sangat penting bagi seluruh manusia yang ada di bumi. Bagaimana tidak? Karena semua hal yang kamu lakukan ini pastilah memerlukan sebuah ilmu atau pengetahuan dasar.

Seperti halnya jika kamu ingin bekerja, bersosialisasi, atau melakukan kegiatan yang dilakukan sendiri seperti mandi, makan, minum, dan lainnya pasti mereka perlu adanya sebuah pengetahuan atau ilmu.

Jika kamu tidak memiliki ilmu atau pengetahuan, bagaimana caranya kamu bisa bertahan hidup untuk menjalani kehidupan? hampir mustahil sepertinya. Karena kamu adalah manusia yang pada dasarnya saling membutuhkan manusia lain untuk hidup berdampingan.

Dan itu juga diperlukannya ilmu atau pengetahuan untuk bisa menjalin komunikasi antar sesama manusia. Dan juga mengapa ilmu pengetahuan itu sangatlah penting bagi kamu adalah karena jika tidak ada ilmu, manusia tidak dapat berkembang menjadi manusia yang modern seperti saat sekarang ini.

Kata ilmu ini sendiri apabila kamu telusuri dalam segi bahasa berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti mengetahui. Namun apabila ditelusuri lewat Kamus Besar Bahasa Indonesia kata ilmu memiliki makna berupa pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang pengetahuan itu.

Di dalam agama islam menuntut ilmu itu adalah wajib hukumnya, baik menuntut ilmu pengetahuan tentang dunia maupun menuntut ilmu pengetahuan tentang agama.

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah Nabi Muhammad saw. memerintahkan kepada semua umatnya untuk menuntut ilmu Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim (laki-laki dan perempuan)”. (H.R. Ibnu Majah, sahih).

Setelah kamu mengetahui bahwa menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim, yuk simak beberapa keutamaan orang berilmu dan orang yang menuntut ilmu di bawah ini:

Allah meninggikan derajat orang yang berilmu

Jika kamu seorang muslim yang memiliki ilmu atau berilmu, Allah swt berjanji akan meninggikan derajat hambanya seperti yang di jelaskan dalam al-Quran surat Al-Mujadalah ayat 11 Allah berfirman yang artinya “Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat”. (Q.S: Al-Mujadalah-11).

Allah akan permudah jalan ke surga bagi orang-orang berilmu

Sebagai seorang hamba, kamu pasti menginginkan surga bila berada di akhirat kelak. Jika kamu salah satu orang yang berilmu maka kamu akan dimudahkan jalannya ke surga nanti, seperti yang dikatakan oleh Nabi Muhammad saw.

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah r.a. dia mendengar Rasulullah saw. bersabda “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mewahyukan kepadaku bahwa barang siapa yang menjalani satu jalan dalam menuntut ilmu niscaya Aku permudahkan baginya jalan ke surga. Dan barang siapa yang aku rampas dua biji matanya niscaya Aku memberikan kedua-duanya pahala surga. Dan kelebihan ilmu adalah lebih baik daripada ibadat dan tonggak agama iala wara’.” (H.R. ‘Aisyah r.a., sahih).

Orang berilmu tidak akan putus amalannya setelah meninggal

Kamu pasti pernah mendengar hadits yang menyatakan bahwa semua amalan manusia akan terputus kecuali tiga hal, yang salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat. Seperti yang dikatakan Nabi Muhammad saw.

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. menyatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda “Apabila seorang manusia mati maka terputuslah amalannya melainkan dari tiga perkara; sedekah jariyah atau ilmu yang memberi manfaat ataupun anak yang saleh yang berdo’a untuknya”. (H.R. Abu Hurairah r.a., sahih).

Malaikat menebarkan sayap-sayapnya untuk orang yang pergi menuntut ilmu

Saking dimuliakannya orang yang menuntut ilmu dalam islam, malaikat hingga ingin menebarkan sayap-sayapnya untuk kamu yang sedang menuntut ilmu.

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Safwan bin ‘Assala r.a. dia mendengar Rasulullah saw. bersabda “Tiada seorang yang keluar dari rumahnya dalam mencari ilmu melainkan para malaikat menebarkan sayap-sayapnya untuknya karena rida dengan apa yang dilakukannya sehinggalah dia kembali”. (H.R. Safwan bin ‘Assala r.a., sahih).

Orang berilmu yang mengamalkan ilmunya akan didoakan oleh malaikat hingga semut

Sungguh sangatlah istimewa jika kamu salah satu orang yang berilmu dan mengamalkan ilmunya kepada orang lain, karena malaikat sampai semut pun mau mendoakan orang yang mengamalkan ilmunya tersebut.

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Umamah r.a. menyatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda “Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, hinggakan semut dalam lubangnya dan ikan dalam laut akan berdoa untuk orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu) kepada manusia”. (H.R. Abu Umamah r.a., sahih).

Sebenarnya masih sangat banyak keutamaan-keutamaan orang berilmu dan orang yang menuntut dalam agama islam. Tetapi lima keutamaan di atas sudah bisa menyadarkan betapa islam sangatlah memuliakan ilmu pengetahuan, hingga orang yang berilmu dan mengamalkan ilmunya mendapatkan kemuliaannya tersendiri.

Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua makin bertambah semangat dalam menuntut ilmu. Karena menuntut ilmu tidak akan pernah ada habisnya, kecuali sampai maut yang menghampiri. [yy/republika]

Oleh Ayu Wulandari