<
pustaka.png
basmalah.png

Berapa Batasan Ayat Dibaca Setelah Al Fatihah dalam Shalat?

Berapa Batasan Ayat Dibaca Setelah Al Fatihah dalam Shalat?

Fiqhislam.com - Saat ada imam yang mengawali bacaan surat setelah Al-Fatihah dengan ayat pertama surah Al Baqarah, tidak jarang ada makmum yang kaget atau sedikit mengeluh mendengarnya. Atau mungkin juga saat gerakan rukuk tidak kunjung terjadi meski imam sudah membaca surat hingga lima menit lebih.

Pengalaman-pengalaman ini sepertinya yang membuat orang bertanya tentang aturan Islam terkait bacaan surat setelah Al-Fatihah. Bagaimana anjuran Nabi SAW terkait ini?.

Dilansir dari Islamweb, para ulama menyebut membaca beberapa bagian atau ayat dari Al Quran setelah Al-Fatihah dalam dua rakaat pertama adalah sunnah dan tidak wajib. Pandangan ini sesuai dengan haditst Nabi yang artinya:

Dari Abu Hurairah RA dengan dia yang mengatakan, “Membaca (surah Al-Fatihah) di setiap (rakaat) shalat adalah wajib. (Bacaan) yang kami dengarkan dari Rasulullah, kami buat kamu mendengarkannya. Dan apa yang dia baca dalam diam, kami juga membacanya dengan tenang (dan kami tidak membacanya dengan keras). Dan barang siapa membaca Ummu Al Quran (Al-Fatihah), maka cukup baginya (untuk sahnya shalat), dan orang yang menambahkannya (membaca beberapa ayat Al Quran lainnya bersama dengan Surah Al-Fatihah), maka ini lebih baik.” (HR. Ahmad dan Muslim).

Membaca satu ayat saja setelah bacaan Al-Fatihah disebut ulama adalah dibolehkan. Imam Ahmad mencontohkan satu ayat yang bisa dibaca saat shalat seperti dalam surah Al-Baqarah ayat 282 dan ayat kursi atau Al-Baqarah ayat 255.

Apabila seseorang memang ingin membaca satu ayat saja setelah Al-Fatihah, para ulama menganjurkan agar ayat tersebut harus memiliki arti. Tidak dianjurkan juga membaca ayat yang tidak bisa diartikan jika hanya dibaca satu ayat tanpa ayat lain. Seperti ayat مُدْهَامَّتَانِ, pada surat Ar-Rahman ayat 64.

Dari pembahasan di atas, diketahui banyaknya jumlah ayat ditentukan dari banyaknya jumlah kata atau huruf dalam satu ayat. Membaca surat setelah Al-Fatihah juga menjadi hal yang sunnah. Namun, jika memang ingin membaca satu ayat saja setelah Al-Fatihah, bisa membaca ayat-ayat yang direkomendasikan ulama seperti Al-Baqarah ayat 255 atau dengan ayat kursi. [yy/republika]

 


 

top