22 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 28 Oktober 2021

basmalah.png

7 Asmaul Husna yang Bisa Diamalkan untuk Memperindah Akhlak

7 Asmaul Husna yang Bisa Diamalkan untuk Memperindah Akhlak

Fiqhislam.com - Kaum Muslimin pasti sudah mengetahui 99 Asmaul Husna atau nama-nama yang mulia dan agung dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Setiap nama tersebut memiliki makna dan sebutan yang sangat indah serta cantik, sehingga sering dijadikan amalan untuk memperindah akhlak dan penampilan seseorang.

Dari jumlah 99, berikut 7 nama Asmaul Husna yang berkaitan dengan kecantikan dan keindahan seseorang, sebagaimana dikutip dari laman Jatman.

1. As Salam (Maha Damai)

Allah Subhanahu wa Ta'ala mencintai kedamaian. Sebab dengan adanya damai, maka hablum min Allah (hubungan dengan Allah), hablum minannas (hubungan sesama manusia), tapi juga meliputi hablum minal alam (hubungan dengan alam dan sesama makhluk) akan selalu terjaga.

2. Al Latif (Maha Lembut)

Kepribadian yang lembut serta penuh kasih sayang akan disenangi banyak orang. Apalagi tutur katanya halus dan memiliki akhlak baik, maka keindahan atau kecantikan dalam diri akan terpancar. Bahkan, orang lain pun akan menyenangi setiap bergaul dengan seseorang yang lembut.

3. An Nafi’ (Maha Pemberi Manfaat)

Makin banyak aktivitas yang bermanfaat dan menambah nilai kebaikan bagi sesama menjadi bukti sejati cantiknya hati. Hal ini akan menjadi daya magnet bagi orang-orang baik di sekeliling kita.

Orang-orang yang mendapatkan kebaikan melalui usaha Anda juga akan lebih mudah mempercayai serta merekomendasikan Anda untuk kebaikan yang lebih luas.

4. Al Wadud (Maha Cinta)

Rasa cinta yang besar lahir dari kesyukuran kepada Allah Tuhan Yang Maha Cinta. Jika ekspresi dan kegiatan Anda ialah sebagai bentuk cinta kasih kepada makhluk-Nya, maka Allah akan mengirimkan cinta-cinta dari jiwa kecintaan-Nya.

Selain itu, memiliki cinta yang tulus terhadap semua makhluk hidup akan menebarkan kedamaian dan kelembutan.

5. Al ‘Afuw (Maha Pemaaf)

Memaafkan mudah diucapkan tapi tidak mudah dilaksanakan. Seorang pemaaf memiliki jiwa yang kuat dan akan mengundang banyak simpati banyak orang. Lain halnya jika hatimu diisi dengan kebencian dan permusuhan.

Waktumu akan habis untuk meluapkan kebencian, serta paras wajahmu akan terbentuk dari hati yang tertanam di dalamnya kebencian. Dengan memafkan bertambah teman dan sahabatmu hingga makin dekat jodohmu.

6. Ar Rasyid (Maha Cerdas)

Seseorang baik laki-laki maupun permepuan yang terus mengasah kemampuannya, serta membekali diri dan meng-upgrade pengetahuan dan wawasannya akan memiliki pembawaan yang berbeda dari orang yang sebaliknya.

Sebab, cara seseorang membawa dirinya akan terlihat dari wawasan, kondisi batin dan kecerdasannya. Baik itu cerdas secara intelektual, emosional, spiritual, serta kecerdasan lainnya seperti cerdas sosial, finansial, dan digital. Yang jelas, Anda jadi tambah lebih percaya diri tentunya.

7. As Shabur (Maha Sabar)

Sabar adalah kemampuan untuk mengendalikan diri. Baik itu dari menahan diri dari perbuatan dan ucapan yang buruk atau dari aneka hal yang bisa merugikan atau merendahkan Anda maupun menyusahkan orang lain. Apabila diri dapat bersabar, maka akan terlihat lebih dewasa dan matang.

Sebaliknya orang yang tidak sabar akan banyak menemui kesulitan dan permasalahan karena tidak mampu mengendalikan dirinya.  Wallahu a'lam bishawab. [yy/Novie Fauziah/okezone]