22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Shalat Malam Menghindarkan Diri dari Penyakit

Shalat Malam Menghindarkan Diri dari Penyakit

Fiqhislam.com - Bangun malam dan melaksanakan shalat-shalat sunah adalah ibadah yang sangat disukai Allah Swt. Orang-orang yang mau bangun dan shalat malam akan memperoleh keutamaan-keutamaan seperti terhindar dari penyakit dan lainnya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya (qiyamulail) dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan (As Sajadah ayat 16)

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan (As Sajadah ayat 17).

Dalam kitab at Targib wat Tarhib dijelaskan sejumlah keutamaan yang diperoleh orang yang mau shalat malam.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَاِنَّهُ مِنْ دَأْبِ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَقُرْبَةٌ اِلَى رَبِّكُمْ وَمِنْهَاةٌ عَنِ الْاَثَامِ وَتَكْفِيْرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةُ الدَّاءِعَنِ الْجَسَدِ.

Rasulullah Saw bersabda: Disunahkan atas kamu sekalian shalat malam, karena sesungguhnya qiyamullail itu adalah kebiasaannya orang-orang saleh sebelum kamu. Dan qiyamullail itu mendekatkan kamu kepada Allah, dan mencegah kamu dari berbagai dosa, dan perbuatan kejahatan, dan qiyamullail itu bisa mengusir penyakit. [yy/republika]