22 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 28 Oktober 2021

basmalah.png

Perbanyak Shalawat Setiap Hari

Perbanyak Shalawat Setiap Hari

Fiqhislam.com - Umat Islam diajarkan untuk mencintai Rasulullah Saw setiap saat tanpa pernah sedikitpun melupakannya. Sebab keberadaan Rasulullah ditengah umat sangat besar nilainya dan memberikan syafaat yang banyak.

Mencintai Rasulullah menjadi satu pertanda bahwa ia sebagai orang yang taat beragama, dengannya ia digelar sebagai orang yang bertaqwa.

Dari Anas r.a. berkata: Seorang Arab bertanya kepada Rasulullah saw, Bilakah hari kiamat? Rasulullah saw menjawab Apakah bekalmu untuk menghadapinya? Ia menjawabnya cinta kepada Allah dan Rasul-Nya maka Rasulullah saw bersabda, Engkau akan berkumpul dengan orang yang engkau cintai. (Bukhari Muslim)

Tetapi bagaimana wujud mencintai Rasulullah itu? Satunya adalah memperbanyak bershalawat kepada beliau.

Allah SWT memerintahkan hamba Nya yang beriman untuk memanjatkan Shalawat kepada kekasih Nya Baginda Nabi Muhammad Saw sebagai firman berikut ini:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab 33: Ayat 56).

Ayat Allah tersebut menurut tafsir Alquran yang dituliskan oleh Ibnu Katsir menjelaskan, sebagaimana dikatakan Imam Bukhari bersanad pada Abul Aliyah telah mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Shalawat dari Allah ialah pujian-Nya kepada Nabi Saw. Di kalangan para malaikat, dan Shalawat dari para malaikat ialah doa mereka untuknya.

Maksudnya Allah memberikan rahmat-Nya yang banyak atas Rasulullah Saw. Begitu pula ketika diperintahkan Shalawat kepada malaikat ini bermakna bahwa doa para Malaikat atas Rasulullah Saw.

Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna yusalluna ialah memberikan keberkahan.

Demikianlah menurut apa yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari secara ta'liq (memakai komentar) yang bersumber dari keduanya (Abul Aliyah dan Ibnu Abbas).

Membaca Shalawat setiap hari, pagi dan petang, memberikan manfaat yang banyak yang didapat langsung di dunia. Apalagi bila dibaca pada hari Jumat. Pahalanya sungguh luar biasa.

Amalan sunnah yang sangat dianjurkan itu mudah dilakukan, meski sedang sibuk beraktivitas, namun disela-sela waktu bisa mengucapkan Shalawat.

Diantaranya begitu banyak kebaikan membaca Shalawat yaitu, Barang siapa bershalawat kepadaku di setiap hari jum`at sebanyak 40 kali maka Allah menghapus semua dosa-dosanya.

Oleh karena mari kita memanfaatkan waktu yang ada untuk selalu berizikir dengan bacaan Shalawat. Bahkan jadikan sebagai amalan prioritas.

Sehingga jangan sampai kita seperti disebutkan oleh Rasulullah Saw sebagai orang yang kikir. Siapa itu?

Rasullullah bersabda: Orang yang kikir adalah orang yang apabila aku disebut dihadapannya, orang itu tidak mau bershalawat kepadaku. (HR Tirmidzi).

Dalam hadits yang lain Rasulullah juga mengingatkan agar tidak lupa berShalawat ketika menghadiri atau berada dalam sebuah majelis.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus selalu memperbanyak Shalawat kita kepada Baginda Rasulullah Saw. Selain karena akan mendapatkan pahala, syafaatnya di hari akhirat kelak, dan yang lebih utama adalah bukti cinta kita kepadanya. Wallahu 'alam. [yy/republika]

Oleh Hamdani