18 Safar 1443  |  Minggu 26 September 2021

basmalah.png

Doa Singkat yang Memiliki Manfaat Luar Biasa

Doa Singkat yang Memiliki Manfaat Luar Biasa

Fiqhislam.com - Salah satu doa singkat yang memiliki faedah (manfaat) besar bagi kehidupan diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau berwaasiat kepada sahabat Mu'adz radhiyallahu 'anhu agar tidak meninggalkan doa ini.

Dalam berbagai kajian, Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun selalu mengingatkan doa pendek ini. Beliau mengimbau umat muslim untuk selalu membaca doa ini karena mengandung banyak kebaikan. Berikut redaksi doanya:

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda pada Mu'adz, "Demi Allah, aku sungguh mencintaimu. Aku wasiatkan padamu, janganlah engkau lupa untuk mengucapkan pada akhir shalat (sebelum salam):

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

ALLAHUMMA A'INNI 'ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI 'IBADATIK

"Ya Allah, tolonglah aku agar selalu berdzikir/mengingat-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu." (HR Abu Daud dan Ahmad, shahih)

1. Memohon Agar Selalu Berdzikir

Kata Habib Quraisy, agama itu dibangun di atas dzikir dan rasa syukur. Allah berfirman: "Berdzikirlah pada-Ku, niscaya Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah pada-ku, janganlah kalian kufur." (QS Al-Baqarah: 152)

Apa yang dimaksud dengan dzikir? Apakah cukup dengan mulut yang komat-kamit? Beliau mengatakan bahwa dzikir bukanlah hanya dengan lisan yang komat-kamit. Namun, dzikir yang sebenarnya adalah menghadirkan hati disertai ucapan lisan. Dalam dzikir kita juga harus meresapi makna nama dan sifat Allah, mengingat perintah dan larangan-Nya, dan mengingat Allah dengan merenungkan kalamullah yaitu Al Quran.

2. Meminta Agar Selalu Bersyukur

Lalu apa yang dimaksud dengan syukur? Syukur adalah melaksanakan ketaatan kepada Allah, mendekatkan diri kepada-Nya dengan rasa cinta lahir maupun batin. Sehingga syukur bukanlah hanya di lisan semata, namun haruslah direalisasikan dalam ketaatan dan amal perbuatan.Dalam dzikir terdapat makrifah atau keimanan yang hakiki. Sedangkan dalam syukur ada ketaatan kepada-Nya.

3. Memohon Ibadah yang Baik

Permohonan ketiga dalam doa di atas adalah meminta agar Allah memperbagus ibadah kita kepada-Nya. Ibadah yang sempurna akan mendatangkan ridho Allah. Itu sebabnya Allah memerintahkan manusia untuk beribadah ketika di dunia. Sebagaimana firman-Nya. "Tidaklah Aku menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah (menyembah) pada-Ku".

Demikian doa singkat yang diwasiatkan Rasulullah SAW agar kita bisa melazimkannya baik ketika sholat maupun pada kesempatn lain. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung. [yy/Rusman H Siregar/sindonews]

 


 

Tags: Doa | Dzikir | Ibadah | Syukur