14 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 24 Juli 2021

basmalah.png

7 Kriteria Orang-orang yang Akan Mewarisi Surga Firdaus

7 Kriteria Orang-orang yang Akan Mewarisi Surga Firdaus

Fiqhislam.com - Surga Firdaus merupakan tingkatan tertinggi dari 8 pintu surga. Orang-orang yang akan mewarisi surga Firdaus adalah mereka yang beriman dan mengerjakan amal saleh ketika di dunia.

Dalam satu riwayat, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengabarkan bahwa Surga itu adalah cahaya yang menyala-nyala dan berbau harum. Memiliki istana yang kokoh, sungai yang luas, buah-buahan yang banyak lagi harum, pasangan suami istri yang gagah dan cantik, serta pakaian yang bagus lagi indah. Tempat yang kekal dan indah, di tingkat-tingkat yang tinggi lagi terpuji.

Siapakah orang-orang yang akan memasuki Surga tertinggi ini? Ada tujuh kriteria yang akan mewarisi Firdaus sebagaimana diabadikan Allah dalam Al-Qur'an:

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ (1) الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ (2) وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ (3) وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ (4) وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (5) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (6) فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ (7) وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (8) وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ (9) أُولَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ (10) الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (11)

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyu dalam Shalatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya. Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara salatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yakni) yang akan mewarisi Surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." (Qs Al-Mu'minun: Ayat 1-11)

Berikut 7 Kriterianya:

1. Orang-orang yang Beriman

Berbahagialah orang-orang mukmin (orang beriman) karena dijanjikan surga tertinggi oleh Allah. Berbeda dengan orang-orang kafir yang mengingkari Allah dan Rasul-nya, maka azab Allah menunggu mereka. Orang beriman adalah orang yang percaya kepada Allah, membenarkan-Nya lalu mentaati-Nya dengan amal perbuatan. Mereka juga mengharap pertemuan dengan Allah yang Maha Agung.

2. Orang yang Khusyu' dalam Shalatnya.

Salah satu keberuntungan bagi kaum muslimin adalah ketika ia bisa khusu' dalam Shalatnya. Ia memusatkan hati untuk Allah, memahami dan memaknai hakikat Shalat. Nabi bersabda: "Aku dijadikan senang kepada wewangian, wanita, dan dijadikan kesenangan hatiku bila dalam Shalat". (HR Ahmad, An-Nasa'i)

3. Orang-orang yang Menjauhkan Diri dari Hal-hal Tak Berguna.

Rasulullah bersabda, "Di antara tanda kebaikan keIslaman seseorang: jika dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya." (HR at-Tirmidzi). Meninggalkan perkara-perkara yang tidak bermanfaat baik perbuatan dan perkataan, merupakan tanda kesempurnaan iman.

4. Orang-orang yang Menunaikan Zakat.

Allah mengkhususkan pahala dan fadhilah sebesar-besarnya bagi orang yang menunaikan zakat. Rasulullah menyatakan: "Siapapun dari hamba Allah yang mengamalkan Shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, mengeluarkan zakat dan menghindari tujuh dosa besar; pintu-pintu surga terbuka baginya seraya mengucapkan: "Silakan masuk dengan selamat!"

5. Orang-orang yang Menjaga Kemaluannya.

Maksudnya adalah mereka yang memelihara kemaluan mereka dari perbuatan yang diharamkan. Termasuk menundukkan pandangan agar terhindar dari perbuatan zina. Allah berfirman: "Dan, janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya, zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (Al-Isra': 32)

6. Orang-orang yang Memelihara Amanah dan Janji.

Rasulullah mengbarakan tanda orang munafik ada tiga: Jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat. (HR Al-Bukhari). Orang yang amanah dalam memimpin, jujur dalam berdagang (bertransaksi) akan dimasukkan ke dalam surga Firdaus.

7. Orang-orang yang Memelihara Shalatnya.

Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu pernah bertanya kepada Rasulullah. "Wahai Rasulullah amal apakah yang paling disukai oleh Allah?" Beliau menjawab: "Mengerjakan Shalat pada waktunya." Ibnu Mas'ud bertanya lagi, "Kemudian apa lagi?" Beliau menjawab: "Berbakti kepada kedua orang tua." Ia bertanya lagi: "Kemudian apa lagi?" Nabi menjawab: "Berjihad di jalan Allah." Betapa agungnya ibadah Shalat hingga Allah menjadikannya sebagai rukun Islam yang kedua setelah syahadat.

Demikian tujuh kriteria orang yang akan mewarisi Surga Firdaus -sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al-Mu'minun. Mereka kekal di dalamnya. Mudah-mudahan kita termasuk golongan orang yang diizinkan Allah untuk mewarisinya. Aamiin. Wallahu A'lam. [yy/Rusman H Siregar/sindonews]