20 Safar 1443  |  Selasa 28 September 2021

basmalah.png

Membaca Surat Al-Kahfi akan Diterangi Cahaya pada Dua Jumat

Membaca Surat Al-Kahfi akan Diterangi Cahaya pada Dua Jumat

Fiqhislam.com - Salah satu amalan sunnah di hari Jumat bagi seorang muslim adalah membaca surat Al-kahfi , yang faidahnya akan diterangi oleh cahaya pada dua Jumat. Apa sebenarnya maksud dari cahaya dua Jumat ini?.

Kesunnahan membaca surat al-Kahfi terdapat dalam sebuah hadits berikut:

عن أبي سَعيدٍ الخُدريِّ عنِ النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم أنَّه قال مَن قَرَأَ سورةَ الكَهفِ يومَ الجُمُعةِ أضاءَ له من النورِ ما بَينَ الجُمُعتينِ (رواه الحاكم)

Dari Sa’id bin al-Khudry dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabada, “Barang siapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat maka ia akan diterangi oleh cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).

Dalam Syarh Shahih Muslim , Imam Nawawi menjelaskan bahwa cahaya yang dimaksud pada hadits ini adalah cahaya yang mencegah dirinya dari perbuatan maksiat, perbuatan keji , dan menunjukkannya pada jalan kebenaran. Sebab cahaya adalah sesuatu yang menerangi kegelapan dan membuat mata kita bisa melihat sesuatu maka makna cahaya itu sendiri adalah petunjuk.

Pendapat lain menyebutkan kalau cahaya yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah cahaya yang akan menuntun pembacanya pada hari kiamat. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa cahaya di sini adalah cahaya makrifat, dan cahaya yang menerangi hati, juga cahaya yang menyingkap hakikat Tuhan.

Sedangkan Imam as-Syaukani rahimahullah dalam Tuhfatu adz-Zakirin mengartikan cahaya itu adalah ganjaran yang akan terus mengalir untuk pembacanya selama satu minggu. Sebagian ulama juga berpendapat bahwa cahya yang dimaksudkan pada hadits ini adalah cahaya pengampunan yang terjadi selama satu minggu sejak Jumat ia membaca sampai bertemu Jumat berikutnya.

Selamat dari Fitnah Dajjal

Selain mendapatkan cahaya di antara dua Jumat dan kelak di hari kiamat, ada keutamaan dan keistimewaan lain dari amalan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat ini.

Dalam buku 'Rahasia 7 Surat Pilihan' yang ditulis Mohamad Zaki Abdul Hali, dijelaskan, membaca surat Al-Kahfi merupakan upaya untuk selamat dari fitnah Dajjal.

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْف عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Dari Abu Darda radhiyallahu'anhu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang menghafal 10 ayat pertama surah Alkahfi, niscaya dia akan terlindung dari fitnah dajjal.“ Dan dalam riwayat lain disebutkan 10 ayat terakhir dari surat al-Kahfi. (HR Muslim, Ahmad, Ibnu Hibban, al-Hakim dan al-Baihaqi). Wallahu A'lam. [yy/Widaningsih/sindonews]