pustaka.png
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

20 Sifat Mustahil bagi Allah SWT | 20 Sifat Wajib

20 Sifat Mustahil bagi Allah SWT | 20 Sifat Wajib

Fiqhislam.com - Mengetahui sifat-sifat Allah SWT merupakan salah satu bentuk ketaatan kita kepada keagungan-Nya. Percaya terhadap sifat-sifat Allah termasuk dalam rukun iman yang pertama.

Sifat-sifat Allah SWT digolongkan menjadi tiga yaitu sifat wajib, mustahil/muhal, dan jaiz. Sifat wajib merupakan sifat yang pasti dimiliki Allah SWT. Kebalikan dari sifat ini adalah sifat mustahil atau bisa disebut juga sifat muhal. Sementara itu, sifat jaiz yaitu Allah SWT bebas berbuat apa yang dia kehendaki.

Dikutip dari buku Asmaul Husna & 20 Sifat Allah, berikut 20 sifat mustahil bagi Allah SWT:

1. Al-'Adam

Adam artinya tiada. Mustahil bagi Allah SWT memiliki sifat ini. Dialah yang menciptakan alam semesta berserta seluruh isinya. Dialah yang Maha Suci dan Maha Tinggi.

2. Al-Huduts

Huduts artinya baru. Mustahil jika Allah baru. Keberadaan-Nya adalah yang paling awal sebelum diciptakannya alam semesta ini oleh-Nya.

3. Al-Fana

Fana artinya binasa atau lenyap. Mustahil bagi Allah SWT untuk tidak kekal. Dialah yang kekal. Dialah yang berkuasa melenyapkan seluruh ciptaan-Nya.

4. Al-Mumatsilatu lil Hawaditsi

Mumatsilatu lil Hawaditsi artinya menyerupai atau sama seperti makhluk ciptaan-Nya. Mustahil bagi Allah SWT untuk menyerupai makhluknya. Dialah Maha Sempurna, tidak ada yang menyerupai-Nya.

5. Al-Ihtiyaj ila Ghairihi

Ihtiyaj ila Ghairihi artinya membutuhkan yang lain. Mustahil bagi Allah SWT membutuhkan pertolongan. Dialah yang menolong makhluknya.

6. At-Ta'addud

Ta'addud artinya lebih dari satu. Mustahil bagi Allah SWT berjumlah lebih dari satu. Dialah Yang Maha Esa atau tunggal. Tidak ada Tuhan selain Dia.

7. Al-'Ajzu

'Ajzu artinya lemah. Mustahil bagi Allah SWT untuk tidak kuat. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak mungkin jika Allah SWT mempunyai sifat ini.

8. Al-Karahah

Karahah artinya terpaksa. Mustahil bagi Allah SWT melakukan sesuatu tidak atas kehendaknya sendiri. Dialah Yang Maha Kuasa. Dia melakukan sesuatu atas kehendaknya tidak ada paksaan dari siapapun.

9. Al-Jahlu

Jahlu artinya bodoh. Mustahil bagi Allah SWT tidak mengetahui sesuatu. Dialah Yang Maha Mengetahui. Bahkan sesuatu yang tidak nampak oleh mata kita sekalipun.

10. Al-Maut

Maut artinya mati. Mustahil bagi Allah SWT akan mati. Dia memiliki sifat kekal. Dia hidup dan abadi.

11. Al-Ashammu

Ashammu artinya tuli. Mustahil bagi Allah SWT tidak bisa mendengar. Dialah Yang Maha Mendengar segala sesuatu yang diucapkan oleh makhluk-Nya.

12. Al-'Umyu

'Umyu artinya buta. Mustahil bagi Allah SWT tidak bisa melihat. Di dalam Al Quran sudah dijelaskan berkali-kali bahwa Dia Maha Melihat segalanya.

13. Al-Bukmu

Bukmu artinya bisu. Mustahil bagi Allah SWT tidak bisa berbicara. Dialah yang menurunkan wahyu kepada Nabi.

14. Kaunuhu 'Ajizan

Kaunuhu 'Ajizan artinya zat yang lemah. Mustahil keberadaan Allah SWT lemah. Dialah yang berkuasa (Qadiran).

15. Kaunuhu Karihan

Kaunuhu Karihan artinya zat yang terpaksa. Mustahil keberadaan Allah SWT terpaksa. Dialah yang berkehendak (Muridan) atas segala yang Dia kehendaki.

16. Kaunuhu Jahilan

Kaunuhu Jahilan zat yang bodoh. Mustahil keberadaan Allah SWT bodoh. Dialah yang mengetahui (Aliman) atas segala hal.

17. Kaunuhu Mayyitan

Kaunuhu Mayyitan zat yang mati. Mustahil keberadaan Allah SWT mati. Dialah yang hidup dan tak akan pernah mati.

18. Kaunuhu Ashamma

Kaunuhu Ashamma zat yang tuli. Mustahil keberadaan Allah SWT tuli. Dialah yang mendengar segala makhluk-Nya.

19. Kaunuhu A'ma

Kaunuhu A'ma zat yang buta. Mustahil keberadaan Allah SWT buta. Dialah yang Maha Melihat seluruh ciptaan-Nya. Baik yang nampak atau yang tersembunyi di hati dan pikiran manusia.

20. Kaunuhu Abkama

Kaunuhu Abkama zat yang bisu. Mustahil keberadaan Allah SWT bisu. Dialah yang berfirman lewat ayat-ayat yang diwahyukan kepada Nabi.

Itulah 20 sifat muhal bagi Allah SWT. Semoga dengan mengetahui sifat-sifat tersebut keimanan kita menjadi bertambah. [yy/news.detik]