10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Kalimat Penuh Hikmah dari Utsman bin Affan

Kalimat Penuh Hikmah dari Utsman bin Affan

Fiqhislam.com - Sahabat Nabi adalah generasi yang terdidik dengan Alquran melalui bimbingan Rasulullah SAW. Para sahabat menghafal lalu memahami makna kandungannya dan mengamalkannya.

Dari Utsman bin Affan, Rasulullah bersabda,"Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengamalkannya." (HR Bukhari)

Dalam buku Kepemimpinan dan Keteladanan Utsman bin Affan disebutkan, sebagaimana halnya para sahabat, Utsman sangat akrab dengan Alquran. Di masanya menjadi khalifah, Utsman menyatukan bacaan Alquran.

Sejarah pun mencatat, kalimat-kalimat penuh hikmah pernah diucapkan Utsman tentang Alquran:

"Bagian dunia yang kucintai ada tiga yakni pertama, mengenyangkan orang yang lapar. Kedua, memberikan pakaian mereka yang tak punya, dan ketiga, membaca Alquran."

"Ada 10 hal yang disia-siakan: orang yang berilmu tapi tidak ditanyai, ilmu yang tidak diamalkan, pendapat yang benar namun tidak diterima, senjata yang tidak digunakan, masjid yang tidak ditegakkan shalat di dalamnya, Alquran yang tidak dibaca, harta yang tidak diinfakan, kendaraan yang tidak dipakai, ilu tentang kezuhudan bagi pencinta dunia dan usia panjang yang tidak menambah bekal ke akhirat."

"Ada empat perkara yang zahirnya merupakan keutamaan, sedangkan batinnya merupakan kewajiban yakni, bergaul dengan orang yang shalih dan mengikuti langkah mereka adalah kewajiban. Kedua, membaca Alquran adalah keutamaan dan mengamalkan kandungannya adalah kewajiban. Ketiga, menziarahi kubur adalah keutamaan dan beramal mempersiapkan bekal untuk kehidupan sesudah mati adalah kewajiban. Keempat, membesuk orang sakit adalah keutamaan dan berwasiat sebelum wafat merupakan kewajiban." [yy/republika]