fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

5 Manfaat Baca Al-Quran Sebagai Wirid Harian

5 Manfaat Baca Al-Quran Sebagai Wirid Harian

Fiqhislam.com - Seorang Muslim hendaknya senantiasa membaca doa yang ada dalam Alquran dalam kesehariannya.

Allah SWT telah menjadikan Alquran sebagai cahaya bagi orang yang beriman. Hal ini sebagaimana firman-Nya:

وَكَذٰلِكَ اَوۡحَيۡنَاۤ اِلَيۡكَ رُوۡحًا مِّنۡ اَمۡرِنَا‌ ؕ مَا كُنۡتَ تَدۡرِىۡ مَا الۡكِتٰبُ وَلَا الۡاِيۡمَانُ وَلٰـكِنۡ جَعَلۡنٰهُ نُوۡرًا نَّهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ نَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِنَا‌ ؕ وَاِنَّكَ لَتَهۡدِىۡۤ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍۙ

"Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) wahyu (Alquran) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Alquran) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Alquran itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus." (QS Asy- Syuara: 52).

Dilansir dari laman Alukah pada Senin (8/3), berikut manfaat bagi setiap Muslim yang membaca wirid atau bacaan rutin harian dari ayat-ayat Alquran:

1. Pengembangan iman

Apabila perumpamaan keimanan terhadap Allah SWT seperti pohon, maka jika tidak dilakuan penyiraman dan pengairan itu akan segera mati.

Untuk itu, agar senantiasa keimanan seorang Muslim tumbuh, dapat disirami dengan terus membaca dan menadaburi Alquran.

وعن ابن عمر رضي الله عنهما: أنَّ رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قَالَ: «إنَّمَا مَثَلُ صَاحبِ الْقُرْآنِ كَمَثَلِ الإِبِلِ المُعَقَّلَةِ، إنْ عَاهَدَ عَلَيْهَا أمْسَكَهَا، وَإنْ أطْلَقَهَا ذَهَبَتْ». متفقٌ عَلَيْهِ

Dari Ibnu Umar RA bahwasanya Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya perumpamaan orang yang menghafal Alquran (di luar kepala) adalah sebagaimana perumpamaan seekor unta yang diikat. Jikalau ia terus (senantiasa) mengikatnya, dapatlah ia menahannya (tidak sampai lepas dan lari) dan jikalau ia melepaskannya, maka diapun pergilah." (Muttafaq 'alaih).

2. Mendapatkan ganjaran

Seorang hamba senantiasa membaca Alquran kelak akan mendapatkan ganjaranya di hari akhir. Pahala ini akan meninggikan seorang hamba di hari akhir. Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ، وَلامٌ حَرْفٌ، وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan bahwa ألم (alif laam mim) itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)

3. Penyembuh penyakit di dada

Alquran dapat menjadi penyembuh bagi penyakit yang ada di dalam dada. Allah Ta'ala berfiman:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُمۡ مَّوۡعِظَةٌ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوۡرِۙ وَهُدًى وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ

"Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Alquran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman." (QS Yunus: 57).

4. Sebagai bimbingan

Alquran juga dapat memberikan bimbingan bagi siapa pun yang membacanya. Allah SWT berfirman:

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ

"Sungguh, Alquran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar." (QS Al-Isra: 9). Allah juga berfirman:

وَكَذٰلِكَ نُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ وَلِتَسْتَبِيْنَ سَبِيْلُ الْمُجْرِمِيْنَ

"Dan demikianlah Kami terangkan ayat-ayat Alquran, (agar terlihat jelas jalan orang-orang yang saleh) dan agar terlihat jelas (pula) jalan orang-orang yang berdosa." (QS Al An'am: 55).

5. Sebagai petunjuk

Alquran dapat dijadikan sebagai petunjuk bagi seorang hamba. Hendaknya mereka senantiasa menaati perintah-Nya. Seorang hamba yang mendengar ayat tentang riba maka dia merasa takut, kemudian ada larangan fitnah, maka dia tak melakukannya dan lain-lainnya. [yy/republika]

 


 

Tags: Quran | Wirid | Warid | Syafaat