27 Dzulhijjah 1442  |  Jumat 06 Agustus 2021

basmalah.png

Rasulullah Melaknat 10 Golongan yang Berurusan dengan Khamer

Rasulullah Melaknat 10 Golongan yang Berurusan dengan Khamer

Fiqhislam.com - Ada 10 golongan yang berurusan dengan minuman keras atau khamer. Hal ini menegaskan bahwa Rasulullah menginginkan umatnya menjauhi khamer.

Mengkonsumi minuman keras hingga mabuk maka tindakan seseorang berada di bawah kendali minuman keras atau alkohol. Tindakan yang dilakukan pun cenderung negatif.

Islam sudah mengingatkan dan menegaskan jauhi alkohol atau khamer. Ada 10 golongan diancam yang terlibat dalam urusan alkohol atau minuman keras.

Ustaz Abu Ismail Muslim al-Atsari dari laman Almanhaj, menyebutkan dengan sebab keburukan khamer yang sangat banyak, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat 10 orang dengan sebab khamer.

Dari Anas bin Malik, dia berkata;
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat sepuluh golongan dengan sebab khamer: orang yang memerasnya, orang yang minta diperaskan, orang yang meminumnya, orang yang membawanya, orang yang minta di antarkan, orang yang menuangkannya, orang yang menjualnya, orang yang makan hasil penjualannya, orang yang membelinya, dan orang yang minta dibelikan. [HR. Tirmidzi, no. 1295; Syaikh al-Albani menilai hadits ini Hasan Shahîh”].

Ini mengingat dampak buruk terhadap minuman keras begitu berbahaya. Bukan hanya untuk urusan kesehatan juga efek negatif perilaku yang muncul setelah minum minuman keras. [yy/okezone]