fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Penerapan Lafaz Basmalah dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Lafaz Basmalah dalam Kehidupan Sehari-hari

Fiqhislam.com - Lafaz basmalah mempunyai kandungan yang sangat dalam. Berbagai upaya dilakukan baik oleb ulama dari generasi salaf atau pun kontemporer (khalaf). Memahami kalimat basmalah juga penting bukan saja ibadah dibuka dengan kalimat tayibah ini, melainkan juga ia bagian dari surat Al-Fatihah yang agung.

Pimpinan Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Quran Cijamil Ustaz Teguh Turwanto, menjelaskan beberapa kandungan dari basmalah sebagai bagian dari surat al-Fatihah dalam penjelasannya di bawah ini, sebagaimana dikutip Republika.co.id melalui kajian daringnya:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Mahapemurah lagi Mahapenyayang

Bismillah

Sebagian ulama tafsir memberikan makna bismillah pada kata 'bi' mengandung maksud “‘kekuasaan dan pertolongan dan keberkahan". Dengan demikian, orang yang mengucap bismillah akan paham bahwa segala sesuatu yang akan dia perbuat atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah, dan memohon keberkahan dari-Nya.

Maka ketika si pembaca Al-Quran memulai dengan berkata: “bismillah” artinya: “Saya membaca dengan memohon pertolongan atas nama Allah, dan memohon keberkahan dari-Nya."

Contoh ketika seorang penulis mengambil pulpen/pensil, dia berkata, ”Bismillah” artinya: “Saya menulis dgn memohon pertolongan atas nama Allah dan memohon keberkahan dari-Nya, juga orang yang mau makan berkata, “Bismillaah”, maka artinya, “Saya makan dengan memohon pertolongan atas nama Allah dan memohon pertolongan dari-Nya.” dan begitulah seterusnya setiap pekerjaan/perbuatan dan dalam segala aktivitas.

Arrahmanirrahim

Ibnu Jarir mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami As-Sirri ibnu Yahya At-Tamimi, telah menceritakan kepada kami Usman ibnu Zufar yang mengatakan bahwa dia pernah mendengar Al-Azrami berkata sehubungan dengan makna ar-rahmanir rahim, "Ar-Rahman artinya Maha Pemurah kepada semua makhluk (baik yang kafir ataupun yang mukmin), sedangkan Ar-Rahim Mahapenyayang kepada kaum mukmin."

Tadabur:

Saat baca bismillahirrahmanirrahim, hadirkanlah dalam jiwa memohon keberkahan dan pertolongan Allah, "Ya Allah Yang Maha Pemurah lagi Mahapenyayang, aku mohon keberkahan dan pertolongan-Mu dalam bacaan al-fatihahku ini sehingga dengannya aku terlindungi dari godaan setan dan semakin kuat keimananku..." [yy/republika]