11 Muharram 1444  |  Selasa 09 Agustus 2022

basmalah.png

Hikmah Shalat

Hikmah Shalat

Fiqhislam.com - Mudah-mudahan Allah Yang Maha Agung dan Maha Menatap mengaruniakan kepada kita kenikmatan bersujud, karena banyak orang yang diberikan kepadanya dunia tetapi tidak diberikan kenikmatan bersujud, dan semoga Allah menjadikan diri kita berubah menjadi mulia karena sujud kita, karena ada juga yang bersujud tetapi tidak berubah dirinya, padahal Allah memerintahkan kita beribadah bukan untuk kepentingan Allah, Sesungguhnya Allah sudah Maha Sempurna Segala-galanya.

Allah memerintahkan kita beribadah justru untuk kebahagiaan dunia dan akherat kita seperti  dalam surat Al Mu’minun ;Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang Khusyu dalam shalatnya “. (QS. 23 ; 1 – 2)

Jadi, orang yang shalatnya Khusyu, insya Allah akan meraih kesuksesan, lalu shalat yang bagaimana yang Khusyu itu ?

Yaitu yang pada waktu shalat dia lakukan dengan benar  sehingga menjadi katup pelepas kerinduan dia kepada Allah, bacaannya sesuai  dan ketika shalat seakan-akan dia merasa dekat dan berkomunikasi langsung dengan Allah.

Bukankah ketika kita telah merasa dekat dan mengenal dengan orang lain komunikasi kita biasanya akan lancar dan dapat dipahami.

Setelah shalat pun ada cirinya,

Yang pertama ternyata shalat itu dapat dilihat dalam bentuk kedisiplinan. Maka disiplin itu adalah kunci sukses, dan shalat itu mengajarkan disiplin, maka siapa saja yang shalatnya khusyu Insya Allah dia akan disiplin sekali dengan waktunya, tiada perintah yang paling efektif kecuali shalat yang dalam Islam membuat kita ingat kepada waktu.

Yang kedua orang yang shalatnya khusyu dia akan disiplin sekali terhadap kebersihan, dia tidak akan mau membuang sampah sembarangan.

Yang ketiga shalat khusyu itu dapat dilihat disiplin dalam tertib, kita bisa melihat bagaimana rukun shalat itu tertib, shalat itu shafnya begitu tertib, dalam shalat itu mengajarkan ketertiban, seharusnya jika saja ummat Islam di Indonesia shalatnya khusyu, Insya Allah segala aspek kehidupan kita di sini akan tertib.

Andaikata ahli shalat itu disiplin dalam waktunya, maka setiap waktu yang dilewati akan bermakna bagi dirinya dan Insya Allah akan mendapatkan kesuksesan, siapa saja yang bersih pikiran, bersih omongan, dan bersih hartanya diapun Insya Allah akan mendapatkan kesuksesan.

Yang keempat seorang yang ahli shalat khusyu bisa dilihat dari disiplin tumaninah jadi artinya orang yang shalatnya bagus Insya Allah dia akan memiliki konsentrasi yang baik, kalau di kantor dia akan full yang dia lakukan adalah urusan kantor bukan urusan rumah, ketika di rumah waktunya untuk anak dia akan sepenuhnya memberikan kasih sayangnya untuk anak, ketika ruku dalam shalat laksanakanlah ruku kita dengan tumaninah jangan mengingat yang lain. Wallahu a’lam bish showab.

Oleh KH Abdullah Gymnastiar
abatasa.com