27 Dzulhijjah 1442  |  Jumat 06 Agustus 2021

basmalah.png

Ingatlah Rahasia 99 Sebab Kematian

Ingatlah Rahasia 99 Sebab Kematian

Fiqhislam.com - Semua makhluk hidup pasti akan mengalami maut atau kematian, tetapi tidak ada yang tahu kapan ajal itu menjemput.

Manusia diciptakan semata-mata untuk beribadah kepada Sang Pencipta. Hidup dan mati seseorang sudah diatur oleh-Nya.

Lalu, tidak ada seorang pun yang tahu dimana dan kapan dia akan mati. Hanya Allah Subhanallahu wa ta’ala yang mengetahui kapan waktu kematian seseorang.

Seperti firman-Nya dalam Al-Quran:
“Tiap-tiap yang mempunyai jiwa akan merasakan kematian, kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (QS. Ali-Imran : 185)

“Karena sesungguhnya sifat kematian itu ada dua, yang satu adalah tiba-tiba, yang kedua adalah tidak bisa dihindari. Sebagaimana Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menyebutkan dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, ‘Sesungguhnya anak Adam itu selalu dikelilingi oleh 99 sebab kematian. Kalau kemudian 99 sebab kematian itu mampu dilampaui oleh dirinya, maka dia sudah menemukan Tuhan. Kalau sudah menemukan Tuhan, kau tidak akan bisa melawan Tuhan kecuali dia mati,”

Penjelasan Ustaz Oemar Mita dilansir dari Channel youtube Zona Informasi.

Sebagaimana yang diketahui, kematian atau maut menjadi rahasia Allah Subhanallahu wa ta’ala. Rahasia-rahasia Allah SWT mengenai kematian ialah, yang pertama adalah waktu kematian.

Sehebat apapun seseorang, pasti tidak ada yang tahu kapan dia akan mati. Bisa saja ketika baru lahir, saat anak-anak, remaja, ataupun saat sudah tua.

Yang kedua ialah tempat kematian. Satu makhluk hidup didunia ini tidak ada yang tahu dimana tempat dia akan mati. Jika tahu pun, pasti dia akan menjauhi tempat itu. Dan yang terakhir ialah cara kematian itu terjadi.

Dari rahasia-rahasia Allah SWT tentang kematian, menjadikan tanda-tanda kebesaran Allah Subhanallahu wa ta’ala semakin nyata. Sebab, jika ketiga hal itu tak dirahasiakan Allah, mungkin semua orang pasti tidak akan ada yang percaya bahwa Tuhan itu ada. [yy/okezone]

 


 

Tags: Kematian | Ajal | Kiamat | Kubur | Barzakh