pustaka.png.orig
basmalah.png


10 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 20 Juni 2021

Yang Tersisa dari Muslim dan Wasiat Terakhir Rasulullah Saw

Yang Tersisa dari Muslim dan Wasiat Terakhir Rasulullah Saw

Fiqhislam.com - Shalat merupakan rukun Islam yang paling utama setelah dua kalimat syahadat. shalat adalah tiang yang membentuk bangunan Islam bersama dengan rukun Islam lainnya. Jika satu pilarnya roboh maka bangunan tersebut juga akan turut hancur.

“Allah mencela orang yang melalaikan dan bermalas-malas dalam melaksanakan shalat,” kata Ustaz Abdul Muhith, sebagaimana dikutip dari Harian Republika.

Disampaikan Abdul Muhith, Allah SWT berfirman dalam surat Maryam ayat 59:

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kebinasaan (di neraka).” Dalam ayat yang lain di surat al-Maun ayat 4-5 disebutkan:

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

“Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dalam shalatnya.”

Muhith menjelaskan, dan Allah memuji orang yang mengerjakan shalat (dengan khusyuk), bahkan Allah membanggakan orang yang menunaikan serta memerintahkan keluarganya agar juga melaksanakannya.

Lebih lanjut, Ustadz Muhith menjelaskan shalat juga menjadi wasiat terakhir Nabi Muhammad SAW. Dia menukilkan hadits Ummu Salamah mengatakan salah satu wasiat Nabi Rasulullah SAW sebelum wafat adalah menjaga shalat.

shalat juga perintah Allah yang sangat istimewa karena langsung diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW tanpa perantara Malaikat Jibril. Dalam peristiwa Mi'raj tersebut awalnya Allah SWT memerintahkan umat Muhammad SAW untuk mengerjakan shalat 50 kali sehari. “Ini artinya Allah sendiri sangat menyukai ibadah shalat.”

Ustaz Muhith melanjutkan, shalat adalah ibadah yang bisa dikerjakan dalam segala situasi, baik safar maupun tidak, baik dalam situasi aman maupun perang.

shalat adalah perkara terakhir yang hilang dari manusia. Jika shalat telah hilang maka hilang pula agama secara keseluruhan.

عن أبي أمامة الباهلي رضي الله عنه عن النبي ﷺ أنه قال: لتنقضن عرى الإسلام عروة عروة، فكلما انتقضت عروة تشبث الناس بالتي تليها، وأولهن نقضا الحكم، وآخرهن الصلاة

Rasulullah SAW bersabda, “Tali ikatan Islam akan putus seutas demi seutas. Setiap kali terputus, manusia bergantung pada tali berikutnya. Yang paling awal terputus adalah hukumnya, dan yang terakhir adalah shalat.” (HR Ahmad). [yy/republika]