27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

Keutamaan Membaca Surah Al-Insyirah

Quran iman ilmu

Fiqhislam.com - Al-Insyirah artinya adalah kelapangan, merupakan surah ke-94 di dalam Alquran, jenis surah Makkiyah karena turun di Kota Makkah Al-Mukarromah.

Terdiri dari delapan ayat, dan cukup mudah dihafal. Selain itu, Surah 'Alam Nasyroh' ini juga memiliki banyak keutamaan bagi muslim yang mau mengamalkannya.

“Salah satu kalam Allah yang sangat dalam maknanya adalah surah Al-Insyirah atau Alam Nasroh, dalam surah tersebut Allah menegaskan dengan gamblang keseimbangan hidup manusia sudah diatur sedemikian rupa olehNya. Sehingga manusia tidak usah ragu tentang jaminan Allah akan mudahnya menjalankan hidup dan tugasnya sebagai seorang hamba,” ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin.

Ustadz Ainul mengatakan, salah satunya adalah jaminan kemudahan atas segala kesukaran, kesempitan. Allah meletakkan setiap kesulitan dengan dibarengi kemudahan dan jalan keluar, terlebih urusan duniawi, rezeki, jodoh, harta benda, masalah manusia pada umumnya.

“Alquran Surah Al-Insyirah juga merupakan surah motivasi hidup, agar selalu melibatkan Allah dalam semua urusan dunia akhirat, niscaya Allah akan memudahkan semua ikhtiar dan usaha tersebut,” tuturnya.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ

Artinya: "Bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat untukmu dan meminta tolonglah pada Allah, serta janganlah engkau malas,” (HR. Muslim).

Lebih lanjut, dalam kitab Khazinatul Asrar karya Sayyid Muhammad Haqqi an-Nazil, menyebutkan bahwa terdapat beberapa keutamaan membaca surah Al-Insyirah.

Pertama:

ومن داوم على قراءتها دبر الصلوات الخمس يسر الله أمره وفرج همه ورزقه من حيث لا يحتسب

Artinya: “Barangsiapa membaca Al-Insyirah secara rutin setiap selesai shalat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rezeki tanpa diduga-duga,”

Kedua:

وقال بعضهم تلاوتها تيسر الرزق وتشرح الصدر وتذهب العسر في الأمور وتصلح لمن غلب عليه الكسل في الطاعات والتعطيل في المعاش

Artinya: “Sebagian ulama berkata bahwa membaca surah Al-Insyirah dapat memudahkan rezeki, melapangkan dada, menghilangkan kesulitan dalam segala perkara, memperbaiki orang yang malas dalam beribadah dan orang yang pengangguran dalam bekerja,”

“Niatkan membaca Surah Al-Insyirah untuk berzikir, bertadabur, mengurai ayat-ayatnya sebagai pelajaran dan pembelajaran untuk memotivasi diri dalam setiap ikhtiar dunia akhirat. Ibadah itu pasti dimudahkan, segala urusan pasti ada jalan kesuksesan, tidak ada yang tidak, tidak ada yang susah jika Allah bersama kita,” tuturnya.

“Bacalah dengan ikhlas dan karena mencari ridho Allah, Insya Allah selain hati akan tenang, Allah pun tidak akan tinggal diam atas masalah dan kesusahan kita, akan ditolong dan digampangkan,” tutup Ustadz Ainul. [yy/okezone]